Indonesiaberita.com, TALAUD – Kebersihan merupakan sesuatu yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Kebersihan menggambarkan citra diri atau kepribadian seseorang akan hidup yang sehat dan bersih.

Kita ketahui bersama bahwa, lingkungan yang bersih merupakan tanda lingkungan yang sehat dan masyarakat yang peduli dengan kebersihan.

Namun sebaliknya, apabila lingkungan itu menjadi kotor dan kumuh, selokan-selokan penuh dengan sampah yang menyumbat irigasi, maka tentu saja ini akan menjadi sumber penyakit, dan bahkan bisa memicu terjadinya banjir.

Beberapa desa atau wilayah di Kabupaten Kepulauan Talaud, seperti contoh adalah Desa Niampak Utara Kecamatan Beo Selatan, saat memasuki musim penghujan, sering terendam air yang diakibatkan oleh penyumbatan sampah-sampah di selokan yang membuat irigasi tersumbat dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

“Menurut informasi Babinsa Desa Niampak Utara, Sertu Yus Lobbu di musim penghujan ini sering terdapat rumah masyarakat yang terendam air diakibatkan penyumbatan sampah sampah diselokan,” kata Danramil 1312-03/Beo Lettu Inf Wofsi Mitusala.

Sambung Mitusala, berdasarkan informasi dari Babinsa Niampak Utara, kemudian dirinya memerintahkan anggotanya untuk segera melaksanakan Karya Bhakti Jumat bersih dengan sasaran pembersihan sampah-sampah di selokan.

“Hal ini dilakukan, untuk mencegah penularan penyakit dan terjadinya banjir di desa Niampak Utara,” ungkap Danramil Beo

Untuk selanjutnya, sesuai dengan Hasil Koordinasi bersama Pemerintah Desa setempat, maka pada hari Jumat (30/11/2018), anggota Koramil 1312-03/Beo dipimpin Sertu Hotman Taruh, Kepala Desa Niampak Utara Jelisah Maradesa bersama perangkat desa dan masyarakat desa Niampak Utara secara bersama-sama melaksanakan karya bhakti pembersihan sampah-sampah di selokan.

Kehadiran beberapa anggota Koramil Beo inipun disambut baik oleh Kepala Desa dan masyarakat setempat.

Bahkan Kepala Desa Niampak Utara mewakili seluruh masyarakat yang ada, mengucapkan banyak terimakasih atas kerjasamanya dan Kades juga mengharapkan kedepanya kegiatan tersebut tetap berlanjut.

“Kiranya giat seperti ini tetap berlanjut demi terwujudnya lingkungan Desa yang bersih, sehat dan bebas dari banjir,”pungkas Maradesa

Turut hadir dalam kegiatan ini, Bati Tuud Sertu Hotman Taruh, Babinsa Koramil 1312-03/Beo Sertu Yus Lobbu bersama 3 orang anggota lainnya, Kepala Desa Niampak Utara Jelisah Maradesa bersama perangkat desa serta puluhan warga masyarakat yang turut andil pada kegiatan tersebut.

Editor : YES