Indonesiaberita.com, TALIABU – Jabatan Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Pulau Taliabu (Pultab), Maluku Utara (Malut) yang selama ini diduduki Alm. Rusli Sanaba, digantikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Syukur Boeroe.

Sebelumnya, Syukur Boeroe menjabat sebagai staf ahli Bupati Pulau Taliabu.

Hal ini dijelaskan Kabag Humas dan Protokoler Setda Pulau Taliabu, Abdul Kadir Nur Ali.

“Kepergian Alm. Rusli Sanaba, M.Si, membuat pemkab dan DPRD merasa kehilangan. Hingga kursi sekwan pun ikut kosong. Dan untuk mengisi kekosongan itu, Bupati Pulau Taliabu mengangkat Plt. Sekwan untuk membantu DPRD menjalankan roda pemerintahan.” ujar Abdul Kadir.

Abdul Kadir menilai, keputusan tersebut sangat penting. Terlebih memasuki masa sidang pengesahan APBD Tahun 2019 dan juga sidang penutupan akhir tahun.

”Bupati telah mengangkat pejabat sementara untuk kursi Sekwa mengantikan Alm. Drs Rusli Sanaba, M.Si,” katanya.

Dikatakannya, bahwa Bupati mendengarkan usulan juga untuk pengangkatan pejabat sementara ini sampai ada proses penetapan sekwan defenitif.

Berbagai usulan yang diberikan dari DPRD dan juga pejabatan di lingkungan pemkab, akhirnya Bupati memberikan kepercayaan kepada Syukur Boeroe yang sebelumnya menjabat sebagai staf ahli Bupati.

”Memang ada beberapa usulan untuk mengisi kursi Sekwan, namun Bupati masih memilih Syukur Boeroe untuk membantu DPRD dalam menjalankan aktivitas diakhir tahun ini,” aku Abdul Kadir.

Secara terpisah, Ketua DPRD Pulau Taliabu Moh Nuh Hasi mengaku, keputusan Bupati Pulau Taliabu untuk mengisi kekosongan jabatan Sekwan dapat diterima pihak DPRD. Mengingat padatnya agenda DPRD di penghujung tahun ini.

”Kita berterima kasih kepada saudara Bupati karena dengan cepat mengisi kekosongan Sekwan yang ditinggalkan oleh Alm. Drs Rusli Sanaba, M.Si,” kata Nuh Hasi.

Editor : YES