Menjadi Referensi Mendunia

Resmikan TPA Ratahaya, Aliong Mus: Sampah Penambah Penghasilan Keluarga

Indonesiaberita.com, TALIABU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Taliabu (Pultab) meresmikan pengoperasian Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) yang terletak di Desa Ratahaya, Kecamatan Taliabu Barat (Talbar), Pulau Taliabu, Maluku Utara (Malut). Minggu (2/12/2018) pukul 11.00. Wit.

Dalam pantauan Indonesia Berita di lokasi, peresmian TPA turut dihadiri, Bupati Pultab Aliong Mus, Danramil 1509-03/Bobong mayor Inf Yusuf, Kapolsek Taliabu Barat AKP Said Aslam S.ik, Kasat Pol PP Bapak Haruna, Kadis Lingkungan Hidup, Bapak Arwin Tamimi St beserta tamu undangan yang hadir kurang lebih sebanyak 50 Orang.

Bupati Aliong Mus, dalam sambutanya mengatakan perubahan paradigma pembuangan sampah menjadi pengelolaan sampah merupakan dasar pembagunan sistem pengelolaan persampahan dari metode open dumping menuju ke sistem sanitasi Landfild.

“Sampah harus dikelolah dengan baik agar tidak mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan manusia,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Aliong menerangkan akan dampak dari TPA, dimana selain dapat menurunkan resiko kesehatan juga dapat menambah penghasilan masyarakat dengan memanfaatkan sisa buangan rumah tangga.

“Sampah yang dapat diolah untuk dijadikan pupuk organik, biogas dan plastik serta bahan metal yang dapat didaur ulang,” tandasnya.

Selanjutnya, peresmian ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati pulau Taliabu.

Editor : YES

Komentar
Loading...