Menjadi Referensi Mendunia

Para Murid SD Butuh Sosok Yang Diteladani untuk Ajarkan Karakter dan Kedisiplinan

Indonesiaberita.com, TALAUD – Untuk dapat membentuk sikap dan karakter para pelajar, tidak hanya cukup menerima berbagai materi atau pelajaran yang diberikan guru disekolahnya.

Kebanyakan dari siswa-siswi membutuhkan sosok figur yang baik untuk di teladani. Sosok figur itulah yang diharapkan para siswa, baik yang dapat mengajarkan mereka tentang sikap dan perilaku yang baik ataupun sosok figur yang bisa menjadi sahabat bagi para pelajar.

Sosok itu adalah seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa), Sertu Junadson Pontolomiu. Dengan keikhlasan hatinya, dengan kecintaannya kepada Generasi Penerus Bangsa, Ia rela berpanas-panasan dengan para Murid SD ini untuk bertindak sebagai Komandan Upacara dan mengajarkan ilmu yang sangat berharga bagi para murid, yaitu tentang Sikap, Karakter dan Kedisiplinan.

Bertempat di halaman Sekolah Dasar (SD) Inpres Kalongan Kecamatan Kalongan, Kabupaten Kepulauan Talaud, Senin (3/11/2018), pukul 07.00 Wita, Babinsa Desa Kalongan Sertu Junadson Pontolomiu bertindak sebagai Komandan Upacara, pada kegiatan Upacara Bendera yang dilaksanakan setiap hari senin di Sekolah tersebut.

Hal ini sangat jarang ditemukan, dimana saat pelaksanaan Upacara Bendera biasanya dipimpin oleh seorang Kepala Sekolah, namun di Sekolah ini seorang Prajurit TNI, Kodim 1312/Talaud bertindak selaku Komandan Upacara pada upacara di pagi hari itu.

Kepala Sekolah SD Inpres Kalongan, Meksi Makapuko, sangat mengapresiasinya dan mengatakan bahwa, Kegiatan yang dilakukan seperti ini hari ini, kedepannya akan lebih ditingkatkan lagi.

“Apa yang dilakukan Babinsa ini, bisa menjadi contoh bagi murid-murid dan dapat memberikan motivasi bagi murid-murid untuk mengembangkan sikap dan karakter mereka,” ujar Kepsek.

Selain itu, Kepsek menuturkan, bahwa tujuan kegiatan ini agar para pelajar menjadi lebih baik, memiliki karakter dan sikap yang baik dengan mencontoh sikap yang telah ditunjukan oleh seorang Babinsa pada saat menjadi Komandan Upacara.

“Kegiatan ini bertujuan agar para pelajar menjadi lebih baik, memiliki karakter dan sikap yang baik.” tuturnya.

Dandim 1312/Talaud Letkol Arm Gregorius Eka Setiawan, melalui Pelaksana harian (Plh) Danramil 1312-02/Lirung, Serka Will Briner Bee, kepada Pewarta Indonesia Berita, menyampaikan, kegiatan-kegiatan seperti ini akan tetap dan terus dilaksanakan. Sebab ini sudah merupakan tugas dan tanggung jawab kami sebagai aparat Kowil (Babinsa) didalam Kegiatan Pembinaan (Bin Wanwil) di setiap Sekolah yang ada diwilayah Binaan masing-masing.

“Ini merupakan salah satu contoh yang sederhana, namun berdampak besar bagi para pelajar,” ucap Bee.

Tak hanya itu, ia sangat mengharapkan agar setiap prajurit harus bisa menjadi contoh dan teladan dimana saja, dan bagi siapa saja.

“Babinsa agar dapat menjadi contoh, dan dapat membentuk sikap, karakter dan disiplin yang baik bagi siswa-siswi dilingkungan sekolah itu sendiri,” harapnya.

Editor : YES

Komentar
Loading...