Menjadi Referensi Mendunia

Begini Sosok NH Dini Semasa Hidupnya

Indonesiaberita.com – Sastrawati NH Dini dikabarkan meninggal dunia akibat kecelakaan yang dialami saat melintas di jalan tol Tembalang, Semarang, hari Selasa (4/12/2018).

Sebagai informasi bahwa kecelakaan yang menimpa NH Dini saat melintas di jalan tol Tembangan, Semarang adalah akibat kendaraan truk yang mengalami kerusakan mesin dan berjalan mundur kearah kendaraan (mobil) yang ditumpangi oleh NH Dini.

Truk yang diduga mengalami kerusakan mesin di jalan tol Tembangan, Semarang. (Ist)

Meskipun sempat dilarikan ke RS Elisabeth, namun jasad NH Dini tidak dapat tertolong yang kemudian jasadnya dibawa ke Wisma Lansia Harapan Asri, Banyumanik, Semarang.

Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin yang dikenal dengan nama NH Dini dilahirkan dari pasangan Saljowidjojo dan Kusaminah. Meskipun belakangan dikenal sebagai penulis, ternyata bungsu dari lima bersaudara ini pernah bekerja di Garuda Indonesia Airways (GIA) Kemayoran (1956).

NH Dini bersama suami dan kedua anaknya. (Ist)

Dipersunting pada tahun 1960 oleh seorang diplomat Prancis (Yves Coffin), NH Dini dikaruniai 2 orang anak yaitu Marie-Claire Lintang (lahir pada 1961) yang kini menetap di Kanada dan Pierre Louis Padang (lahir pada 1967) yang kini menetap di Prancis dan juga yang dikenal sebagai sutradara sekaligus pengisi suara para minions (film Despicable Me).

Nh Dini dan putrinya, Marie-Claire Lintang Simonetti. (CNNIndonesia Free Watermark/Dok. Marie-Claire Lintang Simonetti)
Sutradara Pierre Coffin (kiri) bersama isteri dan dua anaknya, dan mendiang NH Dini (kanan) saat berkunjung ke Perancis. (Foto courtesy: Pierre Coffin)

NH Dini memang dikenal sebagai pengarang sastra feminis dan juga sebagai pendiri Pondok Baca NH Dini  di Sekayu. Semarang.

Beberapa karya-karya sastranya antara lain adalah Pada Sebuah Kapal (1972), La Barka (1975) atau Namaku Hiroko (1977), Orang-orang Tran (1983), Pertemuan Dua Hati (1986), Hati yang Damai (1998), Dari Parangakik ke Kamboja (2003), serta belum termasuk karya-karya lainnya dalam bentuk kumpulan cerpen, novelet, atau cerita kenangan.

Atas karya-karyanya, Dini pun juga pernah menerima penghargaan SEA Write Award di bidang sastra dari Pemerintah Thailand (1983). Selain itu Dini juga penerima Hadiah Seni untuk Sastra dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1989), Bhakti Upapradana Bidang sastra dari Pemerintah daerah Jawa Tengah (1991), Hadiah Francophonie (2008), dan Achmad Bakrie Award bidang Sastra (2011).

Setidaknya karya-karya besar NH Dini semasa hidupnya telah lebih dari 20 judul buku yang kebanyakan adalah mengisahkan tentang perempuan.

Editor: YES

Komentar
Loading...