Menjadi Referensi Mendunia

KPK Siap Kawal Pengelolaan Aset Pemprov Sultra

Indonesiaberita.com, KENDARI – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Kordinator sub bidang pencegahan (Korsupgaf) tengah mengawal pengelolaan aset Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara yang masuk dalam kategori bermasalah.

Kegiatan tersebut dirangkaikan dalam rapat kordinasi antara Pemprov Sultra dan Kosupgaf KPK RI, yang bertempat di Kantor Gubernur Sultra, Selasa (4/12/2018).

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sultra, Kusnadi mengatakan dalam rapat tersebut KPK meminta kepada seluruh OPD lingkup Pemprov khususnya BPKAD agar segra memetakan masalah-masalah baik itu tentang surat tanah, sertifikat, maupun hal-hal lainnya.

“Pada dasarnya dari rapat siang tadi fokus pembahasannya pada persoalan aset, sehingga dengan kordinasi dengan KPK bisa membantu dalam penyelesainnya. Untuk masalah penyelesaian aset yang banyak terjadi adalah di daerah otonomi baru (dob).” ungkap Kusnadi.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas mengaharapkan ke OPD terkait agar segera melakukan pencatatan dan penertiban seluruh aset Pemprov Sultra baik sementara dalam proses pengadilan ataupun sudah kalah dalam persidangan.

“Contohnya adalah stadion Lakidende, dan hotel Same Kendari.” ujar Lukman Abunawas.

Selain itu, Kepala BPKAD Sultra, Ismawati mengungkapkan di tahun 2017 ada sekitar 9,7 triliun rupiah jumlah aset pemprov Sultra, yang meningkat dari tahun 2012 lalu yang hanya 3,6 triliun rupiah.

“Tahun 2017 aset pemprov Sultra berjumlah 9,7 triliun rupiah yang terdiri 4,1 triliun aset berupa tanah, 1,8 miliar aset gedung, 55 miliar aset tetap serta 640 juta berupa aset dalam bentuk peralatan.” ungkap Ismawati.

Ia menambahkan, ada tiga poin yang menjadi fokus BPKAD.

“Pertama pencatatan, kedua pemanfaatan dan ketiga adalah pengalihan aset.” pungkas Ismawati.

Turut hadir dalam rapat ini, Wakil Guberbur Sultra Lukman Abunawas, Pelaksanakan jabatan (pj) Sekprov Sultra, Syarifuddin Safaa, Kordinatir Korsupgaf KPK RI, serta beberapa OPD lingkup Pemprov Sultra.

Editor : YES

Komentar
Loading...