Lanal Melonguane Gelar Upacara HUT Armada RI Yang Ke-73 Tahun

Indonesiaberita.com, TALAUD – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lanal) Melonguane menggelar Upacara dalam rangka memperingati HUT Armada Republik Indonesia yang ke-73 Tahun 2018, bertempat di Markas Komando (Mako) Lanal Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, pada Rabu (5/12/2018) yang lalu.

Upacara HUT Armada kali ini, mengangkat tema Armada RI Kesatria Pengawal Samudera dan Perekat Nusantara bersama rakyat siap menjaga kedaulatan NKRI.

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup), Danlanal Melonguane Letkol Mar Augustinus Purba, dalam amanat tertulis Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), yang dibacakan oleh Danlanal Melonguane saat pelaksanaan upacara, dikatakan bahwa, upacara tersebut memiliki arti yang sangat penting bagi TNI Angkatan Laut karena mengingatkan kita tentang sejarah berdirinya Armada RI yang telah  tumbuh menjadi organisasi yang semakin besar dan didukung oleh berbagai jenis Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) yang modern.

“Sesuai keputusan Presiden No. 12 Tahun 2018, telah dibentuk sejumlah satuan baru termasuk Koarmada tiga disorong sebagai bentuk penataan gelar pasukan TNI dalam rangka membangun pertahanan negara yang kuat dan merata serta dapat menjangkau seluruh wilayah NKRI,” katanya.

Selanjutnya, Purba menyampaikan, Peringatan Hari Armada juga menjadi wujud instrospeksi dan evaluasi bagi seluruh jajaran Armada atas pelaksanaan tugas yang telah di emban, sehingga diharapkan akan semakin optimal.

Ia juga menyampaikan kepada seluruh prajuritnya untuk terus meningkatkan kedisipilinan, dedikasi dan loyalitas.

“Kita harus senantiasa berpedoman kepada sapta Marga, sumpah prajurit, delapan wajib TNI, sebelas asas kepemimpinan TNI dan trisila TNI Angkatan Laut sebagai jati diri dalam melaksanakan tugas negara,” tandas Purba, yang pernah bertugas di Libanon ini.

Dari pantauan Indonesia Berita di lapangan, upacara tersebut berlangsung dengan khidmat dan aman.

Turut hadir seluruh unsur Forkopimda, Dandim 1312/Talaud yang diwakili oleh Kasdim 1312/Talaud Mayor Inf Sigfried W. Panaha, Kapolres Kepulauan Talaud yang diwakili oleh Wakapolres Talaud Kompol Maria Boki Buida, Kajari Kepulauan Talaud Sutikno, Kabandara Melonguane Fanani Zuhri, serta Pejabat Vertikal di jajaran Pemkab Kepulauan Talaud dan adik-adik Pramuka Saka Bahari Kabupaten Kepulauan Talaud.

Editor : YES

Komentar
Loading...