Indonesiaberita.com, JAKARTA – Keberagaman sampai saat ini masih terjaga menjadikan bangsa Indonesia kaya akan budaya dan sejarah yang panjang. Tak hanya wisata religi umat beragama Islam, namun agama terbesar kedua di Indonesia yaitu umat Kristiani juga memiliki wisata rohani di Nusantara. Berikut dilansir dari laman pergipergiyuk.com

Bukit Doa Pinaling, Sulawesi Utara

Sulawesi Utara memang banyak memiliki destinasi wisata hiburan, termasuk wisata rohani khususnya bagi umat Kristiani. Salah satu lokasi wisata rohani yang cukup terkenal adalah Bukit Doa yang ada di Minahasa Selatan. Lokasinya yang masih alami dan sejuk dijamin akan meningkatkan kekhidmatan anda dalam berdoa.

Sendangsono

Umat Kristiani di Yogyakarta pasti sudah mengenal dengan lokasi wisata rohani satu ini, yaitu Sendangsono yang ada di Desa Banjaroya, Kalibawang, Kulonprogo. Sendangsono sendiri berarti sumber air yang berasal dari pohon sono. Sejarahnya, dulu Romo Van Lith membaptis ratusan umat di sumber air tersebut. Karena itu, tempat disakralkan sampai sekarang oleh umat Kristen. Lokasi ini beberapa kali dipugar dan direnovasi sehingga selain cocok untuk berwisata rohani, cocok pula untuk jalan-jalan bersama keluarga

Gua Maria Loudes

Gua ini merupakan salah satu situs Kristiani paling terkenal di Indonesia dan terletak di Kota Kediri. Gua ini tak pernah sepi pengunjung, bahkan orang selain Kristen juga banyak yang mengunjungi lokasi ini, karena patung Bunda Maria yang terletak di tebing itu berdiri begitu indah.

Selain patung Bunda Maria, ada beberapa lokasi yang bisa didatangi di kompleks ini yaitu mata air 12 pancuran, yang melambangkan 12 murid Yesus. Di mata air tersebut, banyak orang kristiani percaya air tersebut mampu memberi khasiat yang luar biasa. Ada pula patung-patung yang menggambarkan bagaimana Yesus disalib di atas kayu

Gereja Blenduk

Gereja Blenduk yang terletak di Kota Semarang ini selain merupakan tempat bersejarah bagi umat Kristiani juga merupakan bangunan bersejarah bagi bangsa Indonesia. Gereja itu cukup unik karena biasanya gereja memiliki genteng atau kubah kerucut. Namun, Gereja Blenduk ini memiliki kubah melingkar mirip dengan masjid.

Arsitektur gereja ini berkelas, mirip dengan gereja-gereja di Eropa pada abad 18-. Jangan kaget ketika gereja ini sedang tidak digunakan untuk beribadat banyak warga non-Kristiani mengunjungi untuk mengagumi dan melihat-lihat arsitektur.

Annai Velengkani

Annai Velangkanni. Foto : pergipergiyuk.com

Jika dilihat sekilas, bangunan Anna Velangkanni ini lebih mirip candi atau tempat peribadatan umat Hindu. Namun nyatanya, tempat tersebut adalah sebuah gereja Katolik yang dibangun dengan arsitektur India. Bangunan ibadah ini berdiri pada tahun 2001 silam dengan total anggaran Rp4 miliar. Dari segi pewarnaan dan hiasan, Anda dijamin tak akan menemukan yang serupa di Jawa atau Sulawesi.

Nah tunggu apalagi treveler sebelum liburan natal dan tahun untuk berlibur, ada baiknya menyisihkan waktu untuk berwisata rohani.