Indonesiaberita.com, TOLITOLI – Pengatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah (Sulteng) ke 58 Tahun 2018 diperingati dalam suatu upacara yang berlangsung di Lapangan Taman Kota Gaukan Muhammad Bantilan, Selasa (11/12/2018).

Tepat tanggal 11 Desember 2018 merupakan hari bersejarah bagi Kabupaten Tolitoli, Sulteng karena genap ke 58 Tahun.

Upacara puncak peringatan pun dilaksanakan Bupati Tolitoli H.Moh Saleh Bantilan bertindak selaku inspektur upacara.

Dalam sambutannya Bupati Tolitoli H.Moh Saleh Bantilan mengajak warga Kabupaten Tolitoli l, Sulteng untuk bersama-sama membangun daerah, agar dapat sejajar dan bahkan lebih maju dari daerah lainnya.dalam upaya mencapai kesejahteraan bersama.

“Daerah ini adalah rumah besar kita bersama, rumah tempat kita lahir tumbuh besar dan berbakti. Oleh karena itu seluruh komponen diharapkan untuk meberikan sumbangan pemikiran yang postif dan konstruktif ” kata Saleh Bantilan, Selasa (11/12/2018) kemarin.

Bupati Tolitoli menambahkan bahwa menjadi tugas kita bersama untuk lebih memantapkan landasan operasional pembangunan di daerah ini.

“Terutama dalam mengatasi ketertinggalan, keterbelakangan dan kemiskinan yang masih dirasakan oleh sebagian masyarakat Kabupaten Tolitoli, baik di perkotaan, di perdesaan maupun masyarakat yang berada di kepulauan, di pesisir pantai dan di pedalaman serta di pegunungan dengan karakteristik permasalahan yang berbeda-beda.” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Tolitoli Hi. Moh. Saleh Bantilan, secara khusus menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Samsul Bahri, alias Atong atas karya dan jasanya sebagai pencipta lambang daerah Kabupaten Tolitoli yang digunakan sejak Tahun 1999 sampai saat ini sebagai identitas daerah Samsul Bahri, alias Atong adalah seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang saat ini bertugas pada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Tolitoli.

Usai pelaksanaan upacara, dilanjutkan dengan simulasi penanggulangan menghadapi musibah gempa bumi yang dilaksanakan oleh Badan Search and Rescue Nasional (BASARNAS) Palu bekerjasama dengan jajaran TNI dan Polri, Badan  Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tolitoli, Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan serta Bidang Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tolitoli.

Penulis : Asyram

Editor : YES