Indonesiaberita.com, TALAUD – Dalam rangka mensosialisasikan seluruh kegiatan yang dilaksanakan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), terlebih khusus di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut).

Melalui Divisi Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara, mengadakan “Sosialisasi Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Tahun 2018″, bertempat di Restaurant Cendrawasih Melonguane, pada tanggal 18 – 19 Desember 2018.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini, seperti diketahui untuk Tahun 2018 ini, Bawaslu Republik Indonesia telah mengeluarkan 33 Peraturan Bawaslu yang nantinya tinggal menunggu Perundangan dari Menkumham.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kepulauan Talaud, Jekman Wauda, saat memberikan sambutan dalam kegiatan tersebut menyampaikan terimakasih kepada Divisi Hukum, Data dan Informasi yang telah menginisiasikan kegiatan Bawaslu ini. Menurut Wauda, ini merupakan kegiatan perdana khusus untuk mensosialisasikan kegiatan Bawaslu.

“Ini merupakan kegiatan perdana khusus di Divisi Hukum, Data dan Informasi dan kami merasa bersyukur, karena hari ini 14 Kabupaten Kota berada di Kabupaten Kepulauan Talaud.” ungkap Wauda.

Jekman Wauda menuturkan, bahwa ini juga merupakan salah satu perhatian besar dari Koordinator bahwa kemudian Kabupaten Kepulauan Talaud dipilih untuk menjadi salah satu tempat pelaksanaan kegiatan.

“Terpilihnya Kabupaten Kepulauan Talaud menjadi salah satu temoat pelaksanaan kegiatan merupakan perhatian beaar Koordinatir.” tuturnya.

Ia berharap, sosialisasi ini nantinya akan memberikan pemahaman bagi peserta Pemilu, Partai-Partai Politik yang ada di Kabupaten Kepulauan Talaud, serta seluruh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda agar memiliki persepsi, satu pemahaman dan satu tujuan agar Pemilu bisa terlaksana dengan sukses, dan damai sehingga Pemilu di tahun 2019 menjadi Pemilu yang bermartabat dan Pemilu yang berkualitas.

“Harapan kami, agar seluruh kegiatan ini dapat diikuti dengan baik dan kiranya memberikan pengalaman baru, pemahaman baru bagi kita semua untuk bagaimana kemudian Pemilihan Umum dari waktu ke waktu dapat berjalan dengan baik,” kata Wauda, Selasa (18/12/2018) kemarin, di depan peserta yang hadir.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara, Supryadi Pangellu, yang juga merupakan Koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Sulut.

Supryadi mengatakan, Inti dari kegiatan ini dalam rangka, Bawaslu sendiri ingin mensosialisasikan kepada masyarakat selaku pemangku kepentingan terutama kepada peserta Pemilu, Partai-Partai Politik yang ada di Kabupaten Kepulauan Talaud, dan juga untuk menginformasikan dan memberitahukan kepada publik.

“Peraturan Bawaslu dan dikeluarkan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum sendiri didalamnya mengakomodir kepentingan-kepentingan, hak konstitusional Partai Politik termasuk didalamnya terkait dengan penyelesaian sengketa, penanganan pelanggaran yang selama ini masyarakat bahkan peserta pemilu belum terlalu paham,” ungkap Pangellu saat di wawancarai Awak Media usai kegiatan.

Pangellu juga menjelaskan, alasan mengapa Bawaslu Sulut memilih Kabupaten Kepulauan Talaud sebagai tempat pelaksanaan kegiatan, karena menurutnya, Kabupaten Kepulauan Talaud sudah sangat layak untuk dijadikan tempat dalam kegiatan-kegiatan tekait dengan Kepemiluhan.

“Pertama telah dilakukan Bulan lalu di Minahasa Utara di Hotel Kasabayong, yang kedua ini ke Talaud, memang ini kegiatan perdana bukan hanya Bawaslu tapi per KPU juga ini kegiatan perdana untuk mengumpulkan jajaran di Kabupaten Kota dan Bawaslu sendiri yang mencetak sejarah mengumpulkan jajaran di Kabupaten Kepulauan Talaud,” imbuhnya.

Selain itu, Supryadi yang merupakan Putra Daerah asal Talaud ini, memgungkapkan ahwa kegiatan-kegiatan yang sama mungkin pernah dilakukan teman-teman Bawaslu Kabupaten Kepulauan Talaud dengan menghadirkan Panwascam, tetapi untuk kegiatan menghadirkan Bawaslu Kabupaten/ Kota, ini adalah yang perdana dilaksanakan.

“Mengapa memilih Talaud, bahwa saya juga sebagai Putra daerah ingin mengajak juga teman-teman di Kabupaten/Kota, bahwa daerah kami juga layak untuk dijadikan tempat dalam kegiatan-kegiatan terkait dengan Kepemiluhan,” ungkap Supryadi.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara Supryadi Pangellu, Ketua Bawaslu Kabupaten Kepulauan Talaud Jekman Wauda, juga turut dihadiri oleh Pimpinan Bawaslu dari 14 Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara, para Pimpinan Partai Politik di Kabupaten Kepulauan Talaud, dan Panwascam se-Kabupaten Kepulauan Talaud.

Editor : YES