Indonesiaberita.com, TERNATE – Nasib pilu menimpa pemilik lapak (Kios), di Jalan Jabir Syah, Dodoku Ali, Kelurahan Salero,Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Maluku Utara. Kamis (20/12/2018), hal ini disebabkan saat si-jago merah mengamuk pada pukul 06:00 WIT saat pemilik lapak lagi tidak ada di tempat.

Api begitu cepat merambat dan  menghanguskan sekitar 12 lapak, karena jarak antara kios yang berdekatan, dan kerugian yang ditaksir milyaran rupiah.

Pengakuan dari salah satu pemilik lapak yang terbakar, Sulaeman Toha menduga api itu berawal dari salah satu cafe Rumah Alya.

“Kebakaran yang terjadi pada pagi hari di duga berawal dari cafe Rumah Alya dan langsung merembet ke kios yang lain api mudah membesar karena semua bangunan terbuat dari kayu dan triplek hingga muda terbakar.” terangnya dengan wajah sedih.

Lanjut Soleman dirinya bersama rekan terlambat mengamankan barang jualannya sebab kejadian sangat masih pagi dan kios mereka belum buka, serta pemilik masih di rumah masing-masing.

”Saat terjadi kebakaran sebagian kios masih banyak yang belum buka karena pemiliknya masih berada di rumah dan waktu bukanya sekitar pukul 08.00 WIT, sehingga banyak barang dagangannya yang tidak di selamatkan,” ungkapnya.

Ditemui usai memadamkan api, Danru Jaga petugas Damkar Ternate Iswan mengaku, ada enam unit mobil kebakaran ke lokasi dengan jumlah personil 30 orang.

“Dilokasi pemadam sempat terkendala padamkan api, dan saat tiba lokasi api sudah menghanguskan berkisar 50 persen,” ujarnya.

Diwawancarai terpisah Kapolres Ternate ,AKBP Azhari Juanda saat di temui oleh awak media di pasar percontohon setelah melakukan inpeksi mendadak (sidak) terhadap bahan pangan menjelang Hari Natal dan Tahun Baru 2019 bersama walikota Ternate dan Dandim 1501/Ternate, mengatakan bahwa pihaknya saat ini belum mengetahui sebab akibat dari kebakaran kios tersebut.

”Sementara ini tim sedang menyelidiki kasus kebakaran kios tersebut tinggal tunggu hasilnya nanti akan di informasikan kepada teman – teman media,” ujarnya.

Editor : YES