Indonesiaberita.com, JAKARTA – Di Gedung Smesco, Jakarta, UKM dan IKM Nusantara melakukan penandatangan MoU dengan Media Online Indonesia (MOI) untuk saling mendukung dalam kegiatan kedua organisasi ini. Kegiatan ini dilaksanakaan diacara “Sosialisasi Program Pengembangan Kewirausahaan bagi Pengusaha Kecil dan Menengah khususnya bagi para anggota UKM IKM. Selain dengan MOI pengurus DPN UKM IKM Nusantara juga melaksanakan MoU dengan pengurus ORKESTRA.

Ketua Umum UKM dan IKM Nusantara, Chandra Manggih Rahayu, secara resmi membuka acara tersebut yang bertema, “Menumbuhkan Jiwa Wirausaha yang Kreatif Inovatif dan Mandiri,” didampingi oleh Sekjen Kemendes PDTT Anwar Sanusi.

Dalam sambutannya Chandra menyampaikan, ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sekaligus berkontribusi hingga acara dapat terselenggara.

“Acara ini merupakan aktivitas penutup dari serangkaian program UIN yang diadakan sepanjang tahun 2018. UIN, adalah wujud nyata dari pelaksanaan program kegiatan di tahun 2018 dengan segenap Kementerian teknis terkait, seperti Kemensos, Kemendes PDT, Kemendagri, Kemenperin, dan Kemendag, ini juga menjadi catatan khusus yang nantinya menjadi agenda berkesinambungan sebagai Program Kerja di 2019,” ujar Chandra di Jakarta, Kamis (20/12/2018).

Sementara itu Sekjen Kemendes, Anwar Sanusi mengatakan, bahwa para pelaku UMKM, bisa melakukan usaha pengembangan peningkatan ekonomi masyarakat di tingkat desa melalui keberadaan BUMDes, “Umumnya, pelaku usaha kecil menengah ini masih belum mengetahui jenis bisnis yang tepat untuk dikelola,” kata dia dalam sambutannya.

Dalam kesempatan itu juga, Ketua Umum Organisasi Kesejahteraan Rakyat (Orkestra) Poempida Hidayatulloh menyampaikan, pentingnya akan asas kesejahteraan umum sebagai landasan gerak bersama dari segenap komponen bangsa guna mensejahterakan rakyat indonesia dari seluruh lapisan. Poempida menekankan soal kebutuhan kerjasama, membangun sinergi serta kontinuitas gerak bangun kesejahetraan bangsa.

“Orkestra sebagai garda terdepan dalam menyuarakan aspirasi bertemakan kesejahteraan rakyat, bertekad menjadi suryakanta bagi perwujudan tindaklanjut permasalahan kesejahetraan rakyat,” ucap Poempida.

Acara sosialisasi tersebut menghadirkan narasumber dari Kementerian Koperasi Amrih Wigati – Plt Deputi bidang produksi dan pemasaran, Undang Mugopal – Kepala Biro Hukum Kemendes PDT, Cotta Sembiring – BPJS Ketenagakerjaan, Rudi Sembiring Ketua Umum & Pendiri MOI (Media Online Indonesia), Poempida Hidayatulloh – Ketua Umum Organisasi Kesejahteraan Rakyat (ORKESTRA), Rama Ardhi Segara – Kepala Seksi Ketahanan Produksi dan Investasi Kementerian Dalam Negeri mewakili Mayjen Purn Soedarmo Dirjen POLPUM Kemendagri. serta Iwan Febri – Direktur Bisnis Bagian II , Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB).

Acara itu juga dihadiri kurang lebih 300 peserta dan tamu undangan yang terdiri dari Pejabat setingkat Dirjen di Kementrian teknis, para Kolumnis serta anggota UKM IKM Nusantara.

Editor : DR