Indonesiaberita.com, JAKARTA – Dugaan penganiayaan yang dilakukan oleh Bahar bin Smit kepada dua orang anak MHU (17) dan ABJ (18) dipicu oleh kedua anak remaja tersebut yang mengikuti cara-cara BbS berceramah, hal itu jadi pemicu Bahar main hakim sendiri. Akibat perbuatannya ia ditahan di Polda Jawa Barat.

Video yang beredar dimedia sosial menjadi salah bukti pihak kepolisian untuk menahan dan menjerat Bahar bin Smit dengan Pasal 170 KUHP juncto 351 KUHP dan Pasal 80 UU/2014 tentang Perlindungan Anak.

Menurut Pengajar Fakultas Hukum Universitas Tri Sakti A. Fickar Hadjar, kasus bahar murni tindakan kriminal, jelas bukan kriminalisasi, ujarnya, di Jakarta, Jumat (21/12/2018) kemarin.

Senada yang disampaikan Fickar Hadjar, Pengajar Ilmu Politik UIN Jakarta Adi Prayitno mengatakan, justru menurut dia kasus yang menimpa Bahar merupakan konsekuensi dari tindakan pidana, jadi kasus Bahar tidak termasuk ketegori kriminalisasi, seperti dikutip dari tirto.id

Sebelumnya kicauan Fadli Zon politisi Partai Gerindra yang juga merupakan Anggota DPR RI ini menulis di twitternya, bahwa penangkapan Bahar bin Smit upaya rezim Jokowi mengkriminalisasi ulama, kicau Fadli Selasa (18/12/2018).

Editor : DR