Indonesiaberita.com, SURABAYA – Siswa SMP Muhammadiyah 5 Pucang Surabaya (Spemma) melakukan pemilihan Ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) di sekolah yang berlangsung mulai pukul 13.00 hingga pukul 17.00 WIB.

Serangkaian kegiatan pemilihan Ketua IPM dilakukan dengan orasi visi dan misi, debat kandidat, dan sesi tanya jawab dengan para siswa. Setiap kandidat calon ketua mendapat satu pertanyaan dari perwakilan seluruh siswa Spemma, dilanjutkan dengan pemilihan ketua dan terakhir penghitungan surat suara.

Menurut Ketua IPM Spemma periode 2017-2018 Salwa Fatharani, pemilihan umum di Spemma ini memakai orasi supaya kita bisa melihat publik speaking calon ketua IPM periode selanjutnya.

“Jadi, ketua umum selanjutnya selain dia memimpin organisasi harapanya dia juga bisa bicara di depan publik,” ujarnya Sabtu (22/12).

Selain orasi, pemilihan ketua dilakukan secara langsung dengan metode pencoblosan.

“Jadi biarkan siswa Spemma memilih calon ketua umum yang terbaik buat mereka kedepanya. Semangat IPM Spemma, spemma jaya,” imbuhnya.

Pemilihan ketua umum IPM Spemma diikuti oleh 5 kandidat calon ketua masa bakti 2018-2019. Adapun nama-nama calon ialah Sota Soma Dana, Malya Aqila, Jasmine Putri, Arheta, dan Adinda Aura.

Kontestasi ini dimenangkan oleh Adinda Aura dengan perolehan suara sebanyak 226 dari total keseluruhan 471 suara. Sota Soma 95 Suara, Malya Aqila 71 suara, Jasmine 26 Suara, dan Arhetha 38 Suara.

Sementara itu, Bidang Kesiswaan Spemma Sedyo Utomo juga mengatakan, pemilihan ketua ini dilakukan untuk mengajarkan bagaimana cara pemilihan yang baik, yaitu dipilih secara langsung agar anak-anak bisa menentukan pimpinan mereka yang akan menahkodai preiode selanjutnya.

“Selamat buat yang terpilih semoga menjadi pemimpin yang berintegritas, jujur, tanggung jawab, dan amanah,” ucapnya.

Penulis: Ari
Editor: MAS