Indonesiaberita.com, TALAUD – Fenomena cuaca ekstrim yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), yang berpeluang terjadi di hampir seluruh wilayah Sulawesi Utara dan sekitarnya, khususnya lagi di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud menjelang akhir tahun 2018.

Menjadi fenomena yang patut diwaspadai semua warga masyarakat, terlebih bagi para Nelayan yang berada di wilayah pulau terluar, di Kecamatan Khusus Miangas.

Koramil 1312-07/Miangas, Kodim 1312/Talaud menganggap hal itu penting untuk disampaikan dan di sosialisasikan kepada masyarakat. Mengingat, hampir seluruh warga desa Miangas adalah nelayan dan mencari nafkah di laut.

Bertempat di rumah masyarakat Desa Miangas, pada Sabtu, 29 Desember 2018 kemarin, Babinsa Serda Asep Papea melaksanakan sosialisasi cuaca ekstrim menjelang akhir Tahun 2018 berdasarkan perkiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG pada tanggal 27 – 31 Desember 2018 yang dapat mengancam pelayaran maupun nelayan yang mencari ikan dan aktifitas masyarakat di pesisir pantai.

“Kegiatan sosialisasi oleh Babinsa Serda Asep Papea bertujuan untuk memberikan pemahaman dan peringatan dini kepada Masyarakat terkait cuaca ekstrim yang dapat mengakibatkan kerugian baik personil maupun materil khusus di wilayah pantai atau pesisir pantai,” ucap Plh Danramil 1312-07/Miangas Kapten Inf Rasmul Tamalawe, Sabtu (29/12/2018) kemarin.

Lanjut Tamalawe yang pernah menjabat sebagai Pasi Ops Kodim 1312/Talaud ini, Bahwa kegiatan yang dilaksanakan Koramil Miangas merupakan wujud kepedulian anggota TNI kepada masyarakat.

“Kegiatan dimulai dari Sosialisasi kepada anak-anak Remaja yang sedang mandi dilaut, dan masyarakat yang berprofesi sebagai Nelayan,” tambah Tamalawe.

Setelah dilaksanakan Sosialisasi, dilanjutkan dengan patroli pengecekan yang dilakukan oleh Sertu Febry Talu bersama tiga orang anggota Koramil dengan tujuan, mengecek secara langsung dilokasi tambatan perahu.

“Apakah ada masyarakat yang bersiap melaut, dan bukan hanya itu saja, kami juga memberikan pengumuman melalui pengeras suara yang ada dikantor Desa Miangas,”t utupnya.

Kepala Desa Miangas Jan Piter Lupa merasa sangat terbantu dengan adanya Sosialisasi tersebut.

“Kepedulian anggota Koramil Miangas yang telah memberikan sosialisasi tersebut, mendapatkan Apresiasi dari Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Adat Miangas,” ungkap Kades Miangas.

Editor : YES