Menjadi Referensi Mendunia

Tradisi Unik “Badero”, di Kepulauan Talaud Saat Menyambut Tahun Baru

Indonesiaberita.com, TALAUD – Dalam menyambut Tahun Baru, berbagai acara untuk memeriahkan pergantian tahun tentu banyak dilakukan masyarakat di penjuru dunia termasuk Indonesia.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa perayaan Tahun Baru biasanya menjadi peristiwa besar yang dirayakan setiap tahunnya di berbagai negara. Setiap negara atau daerah tentu memiliki tradisi unik untuk menyambut Tahun Baru.

Ada yang menyambutnya dengan penuh sukacita, berkumpul bersama keluarga, teman dan bahkan orang terkasih.

Tetapi ada yang unik pada perayaan tahun baru, dalam menyambut tahun 2019 di Kabupaten Kepulauan Talaud, Propinsi Sulawesi Utara.

Tradisi unik tersebut, adalah Badero (berjoget di sepanjang jalan – red). Tari Dero adalah sebuah tarian yang dilakukan lebih dari satu orang atau dilakukan secara bersama-sama, yang melambangkan suka cita atau kebahagiaan serta ungkapan rasa syukur kepada Tuhan.

Tarian ini merupakan salah satu tradisi unik yang dilakukan secara turun-temurun oleh masyarakat yang ada di Kabupaten Kepulauan Talaud, yang masih dipertahankan hingga sekarang.

Tariannya pun cukup sederhana dan biasanya dilakukan di daerah atau lapangan yang luas bahkan di sepanjang jalan raya.

Tarian ini dianggap sebagai tarian pemersatu masyarakat Tanah Porodisa (sebutan lain untuk Talaud – red), karena dalam tarian ini semua orang dari berbagai latar belakang baik miskin maupun kaya adalah sama.

Pada gerakan tarian Dero, semua orang harus saling berpegangan tangan dan bergoyang, sambil mengikuti alunan musik tradisional dan musik modern.

Warga sedang asik berjoget sambil diiringi alunan musik Tradisional dan musik Modern, Rabu (2/1/2019). Photo : MT/Indonesia Berita

Dari pantauan Indonesia Berita, pada Rabu (2/1/2019) sore tadi, di sepanjang jalan raya Kota Melonguane dipenuhi oleh ratusan warga yang sedang asik berjoget, dan terlihat banyak warga yang sangat antusias mengikuti tradisi unik ini.

Tak hanya orang tua, pemuda dan remaja, bahkan anak-anak pun turut tengggelam pada kemeriahan tarian ini. Bahkan, tidak hanya diikuti oleh masyarakat lokal saja, tampak ada seorang warga negara asing (WNA) yang ikut bergoyang bersama warga.

Dirangkum dari berbagai sumber, Tradisi Unik ini, biasanya dilakukan pada awal pergantian Tahun Baru tepatnya pada tanggal 1-2 Januari dan puncaknya pada tanggal 31 Januari.

Selain itu, tradisi unik ini juga dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud, dalam menyambut Tahun Baru.

Editor : YES

Komentar
Loading...