Indonesiaberita.com, SURABAYA – Pasukan Pengkibar bendera (Paskibra) siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah 5 Pucang Surabaya berhasil raih juara favorit dan danton terbaik yang diselenggarakan SMPN 51 Surabaya.

Ajang tahunan untuk pelajar SMP dan SD se-Jawa Timur ini merupakan acara khusus pertandingan paskibra yang dilaksanakan di SMPN 51 Surabaya dan berlangsung selama 2 hari.

Kegiatan yang memperebutkan 44 piala tetap dan uang pembinaan. Untuk tingkat SMP tiap tim terdiri atas 11 orang pasukan dan 1 danton.

Sahnas salah satu pasukan juara paskibra terbaik harus membuat 10-15 gerakan kreatif dalam paskibra selama ia berlatih. Proses berlatih ia lakukan dengan pelatih dan teman-temanya yang ia lakukan untuk mendapatkan hasil paskibra terbaik.

“Setiap siang hari, saya kesekolah untuk latihan walupun minggu ini adalah minggu liburan, jadi saya harus belajar dan berlatih mengorbankan liburan saya demi hasil yang terbaik,” paparnya. Jumat, (4/1/2019).

Dirinya menambahkan yang paling susah adalah saat mencari gerakan kreatifnya.

“Yang paling susah adalah saat mencari gerakan kreatifnya, kadang susah karena ini adalah pengalaman baru buat saya,” tambahnya.

SMP Muhammadiyah 5 Pucang Surabaya mengirimkan 2 tim. Pada ajang ini paskibra spemma menyabet 2 juara yaitu juara favorit dan danton terbaik. Pada saat bermain anak-anak menunjukan talentanya masing-masing setiap team.

Sebelum mereka bermain pada lomba ini di awali dengan upacara pembukaan, pengarahan, pelaksanaan perlombaan dan pengumuman hasil perlombaan.

Menurut Sedyo Utomo selaku Kaur Kesiswaan menuturkan bahwa, pada saat lomba ini anak-anak sangat serius sekali. Mereka sangat sugguh-sungguh saat menunjukan talentanya seperti saat mereka latihan.

“Alhamdulillah dengan usaha yang sungguh-sungguh paskibra spemma bisa menyebet juara,” tuturnya.

Setyo menjelaskan usaha super ekstra yang dilakukan pakibra membuahkan hasil.

“Usaha latihan super ekstra yang dilakukan team paskibra dibayar tuntas saat mereka dinobatkan sebagai juara terfavorit dan danton terbaik di ajang lomba tingkat provinsi jawa timur ini,” tutupnya.

Penulis : Arianto Goder

Editor : MAS