Menjadi Referensi Mendunia

Resmikan Sekretariat, Pusmat Ternate Gelar Tradisi Wosa Dudego

Indonesiaberita.com, TERNATE – Sebagai organisasi yang aktif menjaga tradisi dan nilai-nilai kebudayaan, Pusat Studi Mahasiswa Ternate (Pusmat) Kota Ternate, menggelar sebuah tradisi “Wosa Dudego” atau ritual bagi orang Ternate saat hendak memasuki rumah yang baru dihuni.

Bertempat di Sekretariat, Jalan Cakalang,  Kelurahan Dufa-Dufa, Kecamatan Ternate Utara,  Kota Ternate,  Maluku Utara, acara itu dihadiri sejumlah anggota dan para senior Pusmat Kota Ternate.

Hajatan ini dilakukan dalam rangka peresmian Sekretariat baru Pusmat, agar kedepan aktivitas organisasi dapat dilaksanakan di rumah ini, dan sebelum masuk rumah ada ritual yang dilaksanakan yaitu “Wosa Dudego“.

“Jadi Wosa Dudego ini adalah satu tradisi yang sudah lama dijalankan oleh masyarakat Ternate,” ujar Ketua Pusmat, Nurkholis Zulfikar, Minggu (13/1/2019). saat ditemui Indonesia Berita disela-sela acara.

Lanjut Olis sapaan akrab Nurkholis Zulfikar, menjelaskan ada beberapa persiapan yang dilakukan dalam melakukan ritual “wosa dodego“.

“Ritual ini diawali dengan membacakan ayat suci Alqur’an menolak bencana, atau dalam bahasa lokal disebut ‘tola bahla‘. Sehingga, para penghuninya dirahapkan terhindar dari segala marabahaya. Adapun yang dipersiapkan dalam ritual ini, diantaranya nasi kuning yang dibuat seperti gunung, lalu diletakkan sebutir telur di atasnya, selanjutnya membakar kemenyanan lalu diikuti dengan bacaan do’a.” jelas putra kelahiran Dufa-Dufa itu.

Ia berharap agar semua keanggotaan Pusmat dapat memahami semua nilai-nilai budaya dan keagamaan, yang sudah melekat di masyarakat Ternate.

“Pusmat juga bagian terpenting dari pelestarian kebudayaan dan keagamaan masyarakat Kota Ternate, ” imbuhnya.

Sementara di tempat terpisah, Julkifli Tomahir, senior Pusmat Ternate, berharap dengan prosesi masuk sekretariat ini, para kaders lebih aktif lagi.

“Saya berpesan, selain di kegiatan-kegiatan organisasi, jangan lupa dengan kegiatan akademiknya di kampus,” harapnya kepada kader Pusmat

Penulis.    : Sugi Altin
Editor.      : YES

Komentar
Loading...