Indonesiaberita.com, PALEMBANG – Gelar lomba Peradilan Semu bagi para mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Hukum yang bertempat di Pengadilan Negeri Palembang, Sabtu (19/1/2019).

DPC Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Palembang mengusung tema acara “Moot Court Competition” dan lomba ini bersifat terbuka untuk seluruh mahasiswa/i Fakultas Hukum dari berbagai universitas sekaligus diselenggarakan dengan tujuan sebagai pelatihan penegakan hukum bagi mahasiswa/i serta sebagai pemahaman tentang tata cara melakukan sidang seperti menjadi hakim, jaksa maupun pengacara. Adapun hal tersebut disampaikan oleh Nurmalah selaku Ketua DPC Peradi Palembang.

“Terdiri dari lima provinsi dan delapan universitas yang tiga diantaranya dari Palembang, Provinsi yang turut serta dalam perlombaan tersebut diikuti peserta dari berbagai kota yakni Palembang, Bangka Belitung, Jambi, Lampung dan Bengkulu. Perlombaan tahun 2019 ini memang dalam cakupan sebaran yang luas,” ujar Nurmalah menuturkan.

Tahun lalu dikatakan olehnya perlombaan ini hanya diikuti oleh empat provinsi, dan menurut Antoni Yuzhar yang saat kegiatan menjadi Ketua Panitia Moot Court Competition menuturkan bahwa perlombaan ini digelar bukan hanya sebagai ajang kompetisi melainkan sebagai ajang belajar untuk menambah wawasan pengetahuan tentang penegakan hukum.

“Bagi mahasiswa/i Fakultas Hukum ataupun sarjana hukum bila ingin menambah lagi wawasan sangat dianjurkan mengikuti perlombaan ini karena tema nya berkaitan dengan penegakan hukum,” ungkap Antoni.

Penilaian dalam lomba ini juga dijelaskan oleh Raden Rahmat Koordinator Pelaksana lomba terdiri dari beberapa kriteria yaitu kredibilitas peserta, waktu, dan pemberkasan acara pidana.

“Acara ini dilangsungkan tanggal 19 hingga 20 Januari yakni Sabtu dan Minggu, dengan pemilihan kasus diberi kebebasan berdurasi 55 hingga 65 menit yang tidak boleh kurang dan melebihi waktu yang ditentukan karena dapat mengurangi point pada penilaian,” tukasnya.

Salah satu peserta lomba mengaku sangat berbangga karena dapat ikut serta dalam perlombaan tersebut.

“Menambah wawasan itu point yang paling dicari dan mengikuti perlombaan ini begitu membanggakan, jika ada perlombaan seperti ini lagi saya yakin banyak peminatnya karena sangat berkualitas,” tutup Siska menyudahi bincangnya dengan awak media online.

Penulis : Ridho

Editor : YES