Indonesiaberita.com, SUKABUMI – Komite Penggerak Nawacita (KPN) mengadakan pertemuan dengan tokoh masyarakat Kampung Kemang Desa Buniwangi Kecamatan Gegerbitung, Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (19/01/19) kemarin.

Dalam pertemuan itu masyarakat Jawa Barat masih menginginkan presiden Jokowi menjabat kembali, karena jarang ada presiden yang sangat dekat dengan rakyatnya, pembangunan sudah mulai merata dari Sabang sampai Merauke.

“Saya hanya mengingatkan janganlah kita menginginkan pembangunan di Desa kalau warga Desa belum siap dengan adanya pembangunan di soal SDM nya, takutnya nanti malah warga Desa yang tersingkir akibat pembangunan, rumah di jual, tanah pekarangan di jual, sawahnya di jual ke pemodal yang akan berinvestasi di desa, jadi warga tidak menikmati hasil pembangunan karena SDM nya tadi belum dipersiapkan,” kata Misno Kordinator KPN di Sukabumi.

Sementara itu menurut Ridwan salah satu warga yang mengikuti pertemuan mengatkan warga setempat sudah sangat menikmati hasil dari pemerintahan Presiden Jokowi yaitu PKH, KIP dan KIS,

“Saya lihat juga pembangunan sangat pesat tidak ada yang mangkrak, dana pembangunan betul-betul untuk pembangunan,” ujar Ridwan.

Menurut Nandang Saeful Rahman yang juga merupakan warga setempat menuturkan untuk membangun desa haruus sederhana dan tidak perlu megah.

“Desa tetaplah yang diatur rapih, hidup dalam jiwa tani yang kehidupan bermasyarakat bekerja untuk gotong royong dalam bekerja keseharianya.” tuturnya.

Salah satu tokoh masyarakat Kampung Kemang, Desa Buniwangi, Soleh atau yang biasa disapa Bohel menjelaskan dengan adanya pemodal akan mengubah tatanan kehidupan masyarakat desa.

“Dengan adanya pemodal atau kapitalis maka itu akan mengganggu tatanan kehidupan dan akan berlomba2 untuk dirinya sendiri, pola hidup akan berubah, budaya gotong royong akan hilang.” jelas Bohel.

Kembali kepada Ketua KPN, Misno meminta agar masyarkat Kampung Kemang bekerja membangun daerahnya sendiri.

“Ayo kita bekerja membangun daerahnya dan tanahnya sendiri untuk menghasilkan apa yang punya dan bisa dikerjakan di Desa Kemang untuk membangun jati dirinya warga Kemang.” pintanya.

Terkahir Misno mengungkapkan selama pemerintahan Presiden Jokowi masyarakat Kampung Kemang telah merasakan pembangunan kampungnya. Ia juga berharap agar Jokowi kembali terpilih menjadi Presiden.

“Untuk selama dekade ini dalam pemerintahan Jokowi masyarakat Kemang sudah bisa melihat dan merasakan apa yang menjadi program pemerintah kedapan dan semoga Pak Jokowi tetap terpilih menjadi Presiden.” pungkas Misno.

Setelah pertemuan dilanjutkan dengan makan nasi Liwet yang membuat suasana pertemuan menjadi lebih akrab.

KPN dan masyarakat Kampung Kemang makan bersama nasi liwet usai pertemuan. Sabtu (19/1/2019). Photo : FA/Indonesia Berita

Penulis : Fitra

Editir : DR