Indonesiaberita.com, TOLITOLI – Rapat Analisa dan Evaluasi Unit Pemberantasan Pungutan liar Kabupaten Tolitoli digelar pada Kamis 24 Januari 2019) bertempat di Ruang Rupatama Mapolres Tolitoli.

Kegiatan ini digelar untuk menganalisa dan evaluasi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan di tahun 2018 yang lalu.

Dihadiri oleh seluruh kelompok kerja (Pokja) yang tergabung dalam UPP Kabupaten Tolitoli, Isnpektur daerah KabupatenTolitoli Dr.Abd.Rahman Alatas dan Wakapolres Tolitoli,Komool M.nurAsjik.

Inspektur Daerah Kabupaten Tolitoli Dr. Abd. Rahman Alatas, dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa, praktek pungutan liar telah merusak sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sehingga perlu upaya pemberantasan secara tegas, terpadu, efektif dan mampu menimbulkan efek jera, mengoptimalkan pemanfaatan personil, satuan kerja dan sarana prasarana yang dimiliki guna menekan aktivitas pungutan liar yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Hal-hal apapun yang berkaitan dengan pungutan yang tidak resmi harus kita hilangkan bersama sehingga dibutuhkan keterpaduan dalam pemberantasannya.” jelasnya

Pihaknya mengharapkan agar  operasi pungli ini akan efektif. Semangat pemberantasan pungli bukanlah terletak pada jumlah kerugian yang ditimbulkannya, namun lebih pada akar budayanya yang hendak dihilangkan.

“Pungutan liar tidak hanya berdampak kecil pada buruknya kualitas pelayanan masyarakat. Bila hal tersebut dibiarkan begitu saja, pada akhirnya juga menjalar ke hal yang lebih luas lagi” kata Rahman Alatas, Kamis (24/1/2019).

Sementara itu, Wakapolres Tolitoli Kompol M. Nur Asjik, mengatakan tindakan pungli bisa terjadi dari hal-hal yang kecil yang biasa dianggap sepele oleh sebagian orang.

“kita harus mengetahui batasan apa saja yang bisa dan tidak bisa dilakukan, jangan sampai hal yang dianggap sepele malah berindikasi pungutan liar (Pungli)” ujar M.NurAsjik.

Dalam rapat Analisa dan Evaluasi Unit Pemberantasan Pungli Kabupaten Tolitoli, dipaparkan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh masing-masing Pokja UPP, sekaligus di agendakan untuk rencana kegiatan yang akan dilaksanakan pada Tahun 2019.

Penulis : Asyram

Editor : YES