Indonesiaberita.com, TALAUD – Panglima Kodam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang berkunjung ke Kabupaten Kepulauan Talaud pada Rabu (23/1/2019). Kedatangan Perwira berpangkat dua bintang ini, sekaligus melaksanakan kunjungan kerja (kunker) di wilayah Kodim 1312/Talaud.

Menggunakan pesawat Wings Air dengan nomor penerbangan 1162 dari Bandar Udara (Bandara) Samratulangi Manado, Pangdam XIII/Mdk beserta rombongan tiba di Bandar Udara Melonguane pada Rabu pagi sekitar Pukul 10.57 Wita.

Saat tiba di Bandara Melonguane, Pangdam XIII/Mdk diterima secara adat oleh Inangu Wanua Melonguane, selanjutnya menerima pengalungan bunga, dan penampilan tarian adat Bara’a khas Kepulauan Talaud.

Kedatangan Pangdam XIII/Mdk di Kepulauan Talaud, disambut oleh seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud, diantaranya Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip, Dandim 1312/Talaud Letkol Arm Gregorius Eka Setiawan, Danlanal Melonguane Letkol Mar Augustinus Purba, Kapolres Kepulauan Talaud AKBP Prasetya Sejati, para Pejabat TNI – Polri di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud, Ibu-ibu Persit KCK Cabang LXVIII Dim 1312/Talaud, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta sejumlah pejabat lainnya.

Pangdam XIII/Mdk saat berjabat tangan dengan Bupati Kepulauan Talaud. Photo : MT/Indonesia Berita

Dari pantauan Indonesia Berita, dalam kunjungan kedua kalinya di Kepulauan Talaud, Mayjen TNI Tiopan Aritonang didampingi istri tercintanya, Ny. Linda Tiopan Aritonang yang juga sebagai Ketua Persit KCK Daerah XIII/Mdk, dan sejumlah Pejabat lainnya di jajaran Kodam XIII/Merdeka dan Korem 131/Santiago.

Diantaranya, Danrem 131/Stg Brigjen TNI Joseph Robert Giri, As Ops Kasdam XIII/Mdk Kolonel Inf Musa David Hasibuan, As Ter Kasdam XIII/Mdk Kolonel Kav Abdul Haris, Kasidam XIII/Mdk Kolonel Czi Sujadi, Kasi Ops Rem 131/Stg Letkol Inf Aka Toto, Kasi Log Rem 131/Stg Kolonel Arm Gunawan, Kasi Ter Rem 131/Stg Kolonel Arm Brantas Suharyo, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 131/Stg Ny. Mita Joseph Giri, dan Adc Pangdam XIII/Mdk Serda Faktur.

Rombongan meninggalkan Bandar Udara Melonguane pada Pukul 11.00 Wita dan langsung menuju ke Pendopo Rumah Dinas Bupati Kepulauan Talaud untuk menyaksikan penyerahan Hibah Lahan dari masyarakat desa Damau kepada TNI Angkatan Darat, dalam hal ini Kodim 1312/Talaud, yang disaksikan secara langsung oleh Pangdam XIII/Mdk dan Bupati Kepulauan Talaud.

“Terimakasih kepada Pemerintah Daerah, dan semua komponen karena sambutannya yang begitu hangat. Ini merupakan kunjungan saya yang kedua di Talaud. Kunker pertama saat pengresmian 85 Pengadilan Negeri di Talaud pada bulan Oktober lalu,” ujar Pangdam.

Selain itu, kata Perwira berpangkat bintang dua ini, kunjungannya tersebut selain bersilaturahmi dengan jajaran Forkopimda dan elemen masyarakat di Kabupaten Kepulauan Talaud, juga untuk melaksanakan beberapa agenda yang telah disusun selama tiga hari kedepan.

“Silaturahmi ini sangat penting bagi kita semua untuk terus menjalin kerjasama yang sudah ada selama ini. Saya di Talaud selama tiga hari, untuk mengecek lokasi dan kesiapan prajurit menjelang TMMD bulan Februari nanti, selain itu mau lihat juga perkembangan Makodim 1312/Talaud, bertemu seluruh Prajurit, dan masih banyak agenda lain,” ungkap Aritonang

Setelah itu, Pangdam XIII/Mdk melanjutkan agendanya untuk bertatap muka (audiensi) bersama Forkopimda, dan seluruh elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Kepulauan Talaud.

Diketahui, kunjungan kerja Pangdam XIII/Merdeka akan berlangsung selama tiga hari, yakni Rabu – Jumat (23 – 25 Januari 2019).

Editor : YES