Indonesiaberita.com, TALAUD – Ditengah padatnya agenda kunjungan kerja Panglima Kodam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud.

Mayjen TNI Tiopan Aritonang, mengawali kegiatannya dengan menghadiri acara Pengresmian Revitalisasi Perpustakaan dan Peluncuran ‘Program 1000 Buku Untuk Talaud’, di SDN Inpres Melonguane, pada Kamis (24/1/2019) kemarin.

Saat tiba di pintu gerbang SDN Inpres Melonguane, Panglima Kodam XIII/Merdeka bersama rombongan disambut ratusan pelajar, guru-guru, dan delegasi Bank BRI yang sudah menunggu kedatangan orang nomor satu dijajaran Kodam XIII/Merdeka ini.

“Kami sangat berterima kasih karena sudah dikunjungi oleh Bapak Pangdam XIII/Mdk bersama Ibu dan rombongan. Kami tidak menduga akan kedatangan bapak dan ibu, dan ini merupakan motivasi untuk memajukan SDN Inpres  Melonguane,” ujar Engkim Amiman selaku Kepala Sekolah (Kepsek) SDN Inpres Melonguane.

Dalam sambutannya, Kepsek SDN Inpres Melonguane, sangat mengapresiasi atas berbagai topangan dan dorongan TNI AD, dalam hal ini Kodim 1312/Talaud dalam memajukan lembaga pendidikan.

“Di lembaga pendidikan tingkat dasar yang saya pimpin ini, masih memiliki banyak keterbatasan dan kekurangan, termasuk fasilitas penunjang kegiatan belajar mengajar bagi sedikitnya 384 anak didik,” ungkap Amiman.

Engkim mengucaokan terimakasih banyak kepada Bapak Dandim 1312/Talaud, yang telah hadir dan banyak membantu sekolah kami.

“Terimakasih Pak Dandim. Lewat   Revitalisasi Perpustakaan di sekolah kami, dan bantuan lainnya. Semoga Pak Dandim tidak bosan-bosan untuk datang mengunjungi sekolah ini.” ucapnya.

Dandim 1312/Talaud Letkol Arm Gregorius Eka Setiawan mengungkapkan, latar belakang pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk membangun ketahanan wilayah, khususnya di bidang pendidikan.

“Terima kasih kepada Pangdam bersama Ibu yang sudah hadir untuk meresmikan Revitalisasi perpustakaan. Kegiatan ini dilaksanakan untuk membangun ketahanan wilayah, khususnya di bidang pendidikan,”ungkapnya

Kata Dandim, demi meningkatkan sumber daya manusia di Talaud, Kodim 1312/Talaud telah bekerjasama dengan berbagai pihak, termasuk diantaranya bekerjasama dengan Duta Baca Indonesia Najwa Shiab, untuk meluncurkan program “Seribu Buku Untuk Talaud”.

“Program bantuan seribu buku untuk Talaud akan dilaksanakan secara berkala dan kontinyu. Melalui program ini, diharapkan akan melahirkan generasi-generasi yang cerdas dan berkualitas,”harap Dandim

Sementara itu, dalam kesempatan memberikan sambutan, Pangdam XIII/ Mdk memberikan apresiasi atas prakarsa Dandim 1312/Talaud yang telah mewujudnyatakan program menjadi kegiatan, dan diharapkan apa yang dilakukan Kodim Talaud dapat menjadi stimulus dan contoh bagi Kodim yang lain.

“Walaupun daerah ini jauh dan berada di daerah perbatasan, tetapi tetap berupaya mengembangkan sumber daya manusianya. Ini semua dilakukan demi masa depan generasi daerah yang lebih baik,”kata Pangdam

Panglima pun sempat tertawa dan bercanda bersama para siswa. Sambil bertanya kepada mereka, sudah berapa banyak buku yang di baca?

“Siapa yang sudah pernah membaca buku sampai habis ?,”tanya Panglima. Semuanya harus rajin membaca ya! biar tambah pintar. Daripada main HP bikin sakit mata, tidak ada gunanya, mending baca buku, ada manfaatnya.

Pantauan Indonesia Berita, acara kemudian dilanjutkan dengan peluncuran program 1000 buku untuk Talaud, dan penyerahan buku bacaan dan buku cerita secara simbolis kepada beberapa orang siswa oleh Pangdam XIII/Mdk dan Pengresmian Revitalisasi Perpustakaan yang ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ketua Persit KCK PD XIII/Mdk, Ny. Linda Tiopan Aritonang.

Pangdam XIII/Mdk foto bersama Siswa-siswi SDN Inpres Melonguane saat Pengresmian Revitalisasi Perpustakaan & Peluncuran 1000 Buku Untuk Talaud, Kamis (24/1/2019). Photo : MT/Indonesia Berita

Dikesempatan itu pula, Ketua Persit KCK PD XIII/Mdk sempat berbincang-bincang atau berdiskusi langsung dengan beberapa siswa yang sedang membaca buku didalam ruang perpustakaan tersebut.

Tampak hadir mendampingi Pangdam pada acara tersebut, Danrem 131/Santiago, Brigjen TNI Joseph Robert Giri bersama Ibu, para Perwira Staf di jajaran Kodam XIII/Merdeka dan Korem 131/Santiago, Danlanal Melonguane Letkol Mar Augustinus Purba, Kapolres Kepulauan Talaud AKBP Prasetya Sejati, Asisten Administrasi Umum Sekdakab Talaud Gustaf Atang, dan Kadis Dikpora Talaud Andrianson Taarega.

Editor : YES