Indonesiaberita.com, PALEMBANG – Dalam memajukan dunia pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa Universitas Taman Siswa (Unitas) Palembang yang merupakan salah satu Universitas Bergengsi di Sumatera Selatan melakukan kerjasama dengan beberapa daerah di Sumsel.

Unitas yang merupakan bagian dari Tamansiswa yang berpusat di Yogyakarta mewarisi semangat mencerdaskan anak bangsa yang digelorakan bapak pendidikan Nasional, R.M. Soewardi Soeryaningrat atau lebih kita kenal Ki Hajar Dewantara.

Ki Hajar Dewantoro mendirikan organisasi Taman Siswa pertama kali pada zaman pemerintahan Kolonial Hindia Belanda tahun 1922 di Yogyakarta. Disinilah awal mula perkembangan pendidikan di Indonesia.

Seiring perkembangannya lembaga pendidikan Tamansiswa yang dilatar belakangi sebagai badan perjuangan kebudayaan dan pembangunan masyarakat untuk terwujudnya masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 pada tahun 1987 mulai didirikan Unitas di sejumlah daerah di Indonesia, diantaranya Provinsi Sumatera Selatan yang dipusatkan di Kota Palembang.

Sebagai bentuk tanggung jawab dalam turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa Aksi jemput bola sosialisasi dan promosi Universitas Tamansiswa pun dilakukan dengan menggelar Unitas road show to Sumsel.

Setelah sebelumnya sudah melakukan komunikasi bersama pemerintah Kabupaten Banyuasin, Senin, 4 Februari 2019 kemarin, rombongan Universitas Tamansiswa Palembang yang dipimpin rektor Unitas Drs Joko Siswanto, mengunjungi pemerintahan Prabumulih, kunjungan ini diterima langsung Walikota prabumulih Ir.Ridho Yahya di ruang Kantor Walikota Prabumulih.

Dalam kunjungan tersebut rektor didampingi Direktur Pascasarjana unitas Dr Yoyok Hendarso, dan staf pengajar pasca Unitas Muftizar.

Audensi tersebut disamping mengenalkan Unitas Palembang secara kelembagaan,rektor juga menawarkan diri untuk bekerjasama dalam program belajar S1 dan S2 bagi ASN, Penelitian, Evaluasi program pembangunan dan lain lain lingkungan Pemkot Prabumulih.

“Kami menawarkan untuk bekerja sama secara kelembagaan dengan Pemlot Prabunulih bagi ASN.” kata Joko, Selasa (5/2/2019).

Ditambahkan juga bahwa dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2019 juga bertepatan dengan 97 tahun Tamansiswa berkiprah di pendidikan Nasional, unitas palembang akan mengadakan KHD Festival mulai 11 Februari sampai dengan 2 Mei 2019.

“Dimana mengharapkan dukungan pemkot prabumulih dalam mensosialisasikan acara KHD Festival.” tambah Joko.

Tawaran rektor Unitas disambut baik oleh Walikota berupa akan diadakannya penandatangan MoU dan pemaparan tentang Unitas kepada kepala dinas, camat, lurah dilingkungan Pemkot Prabumulih.

Rencana penandatanganan MoU dilakukan pada tanggal 11 Februari 2019 di Kantor Walikota Prabumulih.

Edtior : YES