Indonesiaberita.com, PALEMBANG – Dalam memajukan dunia pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa Universitas Taman Siswa (Unitas) Palembang yang merupakan salah satu Universitas Bergengsi di Sumatera Selatan melakukan kerjasama dengan beberapa daerah di Sumsel.

Unitas yang merupakan bagian dari Tamansiswa yang berpusat di Yogyakarta mewarisi semangat mencerdaskan anak bangsa yang digelorakan bapak pendidikan Nasional, R.M. Soewardi Soeryaningrat atau lebih kita kenal Ki Hajar Dewantara.

Ki Hajar Dewantoro mendirikan organisasi Taman Siswa pertama kali pada zaman pemerintahan Kolonial Hindia Belanda tahun 1922 di Yogyakarta. Disinilah awal mula perkembangan pendidikan di Indonesia.

Seiring perkembangannya lembaga pendidikan Tamansiswa yang dilatar belakangi sebagai badan perjuangan kebudayaan dan pembangunan masyarakat untuk terwujudnya masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 pada tahun 1987 mulai didirikan Unitas di sejumlah daerah di Indonesia, diantaranya Provinsi Sumatera Selatan yang dipusatkan di Kota Palembang.

Sebagai bentuk tanggung jawab dalam turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa Aksi jemput bola sosialisasi dan promosi Universitas Tamansiswa pun dilakukan dengan menggelar Unitas road show to Sumsel.