Indonesiaberita.com, TALAUD – Pasukan Satgas Pengamanan Pulau Terluar (Satgas Pam Puter) dari Kodam XIII/Merdeka, tiba di Pulau Miangas, Kabupaten Kepulauan Talaud, pada Sabtu (9/2/2019) kemarin, dengan menggunakan KM. Sabuk Nusantara 51.

Kedatangan pasukan ini disambut secara adat oleh masyarakat setempat serta para petinggi TNI/Polri yang bertugas menjaga Batas wilayah NKRI.

Kedatangan Prajurit TNI AD tersebut, rencananya untuk mengganti 1 Platon Satgas Pam Pulau Terluar yakni Yonif 713, yang sudah lebih dulu ditempatkan dan bertugas untuk melakukan pengamanan di Pulau terluar Miangas.

Sehubungan dengan pergantian Pos Pengamanan Pulau Terluar, salah satu Tokoh Masyarakat Miangas bernama Efsan Pitaratu mengatakan bahwa, satgas pam puter sebelumnya, telah melaksanakan tugas mereka dengan baik.

“Selama berada di Pulau Miangas, sudah melakukan tugasnya dengan baik dan maksimal. Baik dengan Pemerintah desa/ kecamatan, tokoh agama, tokoh adat serta tokoh pemuda. Masyarakat merasa sangat berterimakasih dengan keberadaan Posad di Pulau Miangas. Semoga pos yang baru juga dapat melaksanakan tugasnya dengan baik untuk menjaga tapal batas NKRI,” ungkap Efsan Pitaratu.

Diketahui, Pulau Miangas merupakan tapal batas NKRI karena berada tepat di ujung utara Indonesia, tepatnya berada di paling utara Pulau Sulawesi.

Pulau Miangas merupakan satu dari sekian Pulau terluar yang ada di Indonesia. Sebagai Pulau terluar yang berbatasan langsung dengan Negara tetangga Filipina, Pengamanan di Pulau Miangas terus diperketat guna mempertahankan Batas wilayah NKRI dan menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.