Menjadi Referensi Mendunia

Latihan WeGIS dan Uji Kompetensi Bidang Informasi Geospasial, Wujud Komitmen UIGM Capai Visi

Indonesiaberita.com, PALEMBANG – Kerjasama LSP Geospasial Regional Sumatera Selatan (Sumsel) dengan Universitas Indo Global Mandiri (UIGM) adakan uji kompetensi untuk bidang Informasi Geospasial (IG) berdasarkan SKKNI IG 2017 bertempat Hotel Batiqa jalan Riva’i No. 219 Kota Palembang, Sabtu (9/2/2019) yang lalu.

Uji kompetensi bidang informasi Geospasia ini dikatakan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan kemahasiswaan yakni Sumi Amariena Hamim diikuti oleh tenaga pengajar, alumni dan mahasiswa tingkat akhir program studi Survey dan Pemetaan dan mahasiswa tingkat akhir.

“Program ini merupakan Program study perencanaan wilayah dan kota Fakultas tekhnik UIGM dan juga tenaga ahli konsultan diProvinsi Sumsel, kegiatan ini pula merupakan bentuk komitmen lembaga untuk mencapai visi dan misi Universitas IGM yakni menghasilkan lulusan yang profesional, berintegritas untuk mengisi dan atau menciptakan peluang kerja serta juga tenaga ahli konsultan di Provinsi Sumsel,.” ujarnya.

Menurut Sumi Amariena LSP Geospasipal adalah institusi yang merupakan lembaga yang memiliki lisen Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan secara institusi terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN).

“LSG Geospasial memiliki izin untuk melaksanakan uji kompotensi namun pada lingkungnan pendidikan dan kebudayaanya, dengan demikian dari berbagai lingkup pendidikan ataupun pekerjaan karena sesuai tenaga.” jelasnya.

Dalam rangkaian pelaksanaan uji kompentensi dan sebagai bagian dari peningkatan kompetensi para calon akses khususnya untuk level analis utama (level 6) maka dari itulah 8 Februari 2019 telah dilaksnanakan pelaksanaan pelarihan WebGIS berbasis Leaflet java script.

“Kita ingin keluaran yang ini diharapkan dari pelatihan WebGIS adalah untuk portofollio ingkatkan kompetensi calon asesi dalam pengembangan SIG khususnya yang berbasis Web selain untuk menghasilkan portofolio yang memadai guna kelengkapan administrasi pada proses sertifikasi” ungkap Sumi.

Acara ini melalui beberapa tahapan uji kompetensi seperti yang dikatakan oleh Sumi yakni ujian tertulis, ujian praktek, wawancara dan penilaian portfolio dimana berlangsung dari pagi hingga sore hari.

“Penugasan LSP Geospasial untuk uji kompetensi kali ini adalah asesor dari LSP Geospasial Pusat yakni Edy Irwansyah yang merupakan asesor kompetensi BNSP dan pemegang sertifikat kompetensi ahli utama (level 9) SIG dan ahli madya (level 8), perlu diketahui Penginderan jauh Edy Irwansyah selain sebagai pengajar diBina Nusantara University juga merupakan tenaga ahli SIG pada proyek pemerintah seperti diBIG, ART/BPN dan BNPB,” tutupnya mengakhiri.

Editor : YES

Komentar
Loading...