Menjadi Referensi Mendunia

Maladministrasi Kepala BKPSDM dan Kabid Minerba ESDM Sultra Harus Dicopot Dari Jabatannya

Indonesiaberita.com, KENDARI – Gerakan Persatuan Mahasiswa Indonesia (GPMI) Sulawesi Tenggara (Sultra) menuntut Gubernur Sultra agar mencopot Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) La Ode Mustari, dan Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Yusmin dari jabatannya.

Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua GPMI Sultra, Alfin saat berunjuk rasa di Kantor BKPSDM Sultra, Senin (11/02/2019).

“Kami meminta Kepada Gubernur Sultra, Ali Mazi agar mencopot Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), dan Kabid Mineral dan batu Bara Dinas ESDM,” ungkap Alfin.

Menurutnya pelantikan Kabid Minerba ESDM yang dilakukan bulan lalu itu tidak sesuai dengan profesi, bidang atau keahliannya. hal itu pertama kali terjadi di Sultra. Terlebih lagi, bahwa sebelum menjabat Kabid Minerba Yusmin merupakan seorang yang Golongan 3.D, namun Yusmin dilantik menjadi kepala bidang ESDM dan membawahi golongan 4.A, Alfin bahkan, menduga Kepala BKPSDM Sultra telah melanggar ketentuan undang-undang (UU) no 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara, UU no 5 tahun 2017 tentang aparatur sipil negara, dan peraturan presiden 49 tahun 2018 tentang aparatur sipil negara.

“Seharusnya yang menduduki jabatan sekelas kepala bidang itu adalah golongan 4.A yang sesuai dengan keahlian, profesi atau bidangnya. Ini adalah kesalahan Kepala BKPSDM provinsi Sultra yang mengeluarkan rekomendasi kepada Gubernur untuk menetapkan pak Yusmin menjadi kepala bidang di ESDM. Kami duga ini adalah kongkalingkong, ada permainan busuk dan kotor antara Kepala BKPSDM Pak Mustari dan Kabid ESDM pak Yusmin. Kenapa bisa orang yang tidak layak di jadikan sebagai kepala bidang.” ungkap Alfin usai menggelar aksi.

Atas pelanggaran maladministrasi ini kami akan melaporkan persoalan ini ke KASN, Ombudsman, dan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Jakarta.

“GPMI tetap terus bergerak mengumpulkan sejuta tanda tangan dan sejuta koin dukungan Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur untuk pencopotan kepala BKPSDM dan Kabid Minerba ESDM,” kata Alfin

Ditemui pada tempat yang sama, Kepala BKPSDM, La Ode Mustari, bahwa memang dirinya yang mengusulkan nama-nama yang akan dilantik termasuk Yusmin.
Selain itu, ia berjanji akan mempertemukan langsung dengan Gubernur Sultra untuk membahas permasalahan ini.

“Tadi juga pak Mustari ikut bumbuhi tanda tangan petisi yang kami lakukan dan dia berjanji untuk mempertemukan dengan pak Gubernur guna membahas persoalan ini,” pungkas Alfin.

Editor : YES

Komentar
Loading...