Indonesiaberita.com, BITUNG – Kepala Badan (Kaban) Karantina Pertanian Pusat, Ali Jamil mengatakan, sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo (Jokowi) bahwa untuk menyiapkan generasi muda menghadapi era revolusi industri 4.0. (nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik – red), untuk menghasilkan “pabrik cerdas”.

Berbagai upaya dari seluruh unit kerja di jajaran Pemerintahan termasuk Kementerian Pertanian terus melakukan persiapan bagi generasi yang akan memimpin Indonesia di tahun 2030 nanti.

Salah satunya adalah, Ayo Galakkan Ekspor Generasi Milenial Bangsa (Agro Gemilang) yang menjadi program Badan Karantina Pertanian (Barantan) untuk mempersiapkan dan mendorong para petani muda dalam memasuki pasar ekspor alias go international.

“Tentunya dengan dukungan digitalisasi operasional karantina yang merupakan pilihan strategis dalam menjamin akurasi, percepatan layanan dan jaminan kesehatan serta keamanan produk pertanian kita,” ujar Ali Jamil saat menghadiri sekaligus me-launching Ekspor Copex dan PKE (Palm Kernel Expeller) asal Sulawesi Utara, di Perusahaan Multi Nabati Sulawesi (MNS) Bitung, Kamis (14/2/2019).