Menjadi Referensi Mendunia

Peringatan HPSN 2019 Menuju Indonesia Bersih

Indonesiaberita.com, PALU – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019 di kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dilaksanakan kegiatan kerja bakti dengan membersihkan Pantai Talise bekas tempat terjadinya bencana tsunami.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Istri Kepala kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) sekaligus Ketua Umum Bhayangkari Pusat Tri Tito Karnavian, bersama Ketua Bhayangkari Daerah Sulawesi Tengah Yanti Lukman Wahyu yang ikut langsung melaksanakan kerja bakti mengangkut sampah dengan membersihkan pantai yang merupakan kebanggan masyarakat Palu, Sulteng itu.

Kapolda Sulawesi Tengah Brigjen Pol Drs. Lukman Wahyu Hariyanto dalam sambutannya menyampaikan perlu kita mengingat kembali, bahwa peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dipicu oleh terjadinya tragedi longsor sampah di Leuwigajah, Jawa Barat pada 21 Februari 2005

“Perlu kita mengingat kembali, bahwa peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dipicu oleh terjadinya tragedi longsor sampah di Leuwigajah, Jawa Barat pada 21 Februari 2005. Longsoran gunungan sampah tersebut menelan lebih dari dari 150 jiwa, mayoritas korban adalah penduduk di sekitar tempat pembuangan akhir (TPA) yang bekerja sebagai pemulung, sehingga kemudian dinyatakan sebagai bencana lingkungan. sejak itulah setiap tanggal 21 Februari diperingati sebagai Hari Peduli Sampah Nasional.” kata Lukman, Kamis (21/2/2019).

Peringatan HPSN tahun 2019, adalah mengambil tema “Kelola Sampah untuk Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai”.

Kegiatan HPSN Tahun 2019 di Kota Palu Suleng yang dihadiri Ketua Bhayangkari Pusat itu, tidak hanya dilaksanakan di Pantai Talise, akan tetapi juga dilaksanakan di Kelurahan Petobo, Watusampu Donggala dan di Gong Perdamaian Palu. Disamping melaksanakan kerja bakti, Ketua Umum Bhayangkari Tri Tito Karnavian didampingi Ketua Bhayangkari Daerah Sulteng Yanti Lukman Wahy juga memberikan bantuan dan trauma healing untuk korban gempa, tsunami dan likuifaksi yang berada di pengungsian Kelurahan Petobo, Palu Sulawesi Tengah.

Ketua Bhayangkari Pusat Tri Tito Karnavian menyampaikan bahwa sengaja memilih Palu untuk dihadiri dalam pelaksanaan Hari Peduli Sampah Nasional 21 Pebruari 2019 yang dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia..

“Selain itu Palu juga merupakan kota yang penuh kenangan suaminya saat masih menangani Kondisi Kamtibmas di Wilayah Poso, sehingga itulah yang menjadi pertimbangan untuk memimpin dan menghadiri HPSN ini.” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Bhayangkari Pusat menyerahkan secara   simbolis alat kebersihan kepada peserta bersih-bersih pantai dan penyerahan sembako kepada Kelompok Pemulung. Kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi rumah pengolahan sampah di komplek BTN Silae Kec. Ulujadi Palu.

Pelaksanaan HPSN Tahun 2019 selaen dihadiri Ketua Umum Bhayangkari  Tri Tito Karnavian, Kapolda Sulteng Brigjen pol. Drs. Lukman Wahyu Hariyanto juga dihadiri unsur Forkopimda, Wakapolda Sulteng, seluruh pejabat utama Polda Sulteng, Ketua Pengurus daerah Bhayangkari dan pengurus, Organisasi Wanita, Serta melibatkan pasukan TNI, POLRI, Mahasiswa, Pelajar, ASN Kota Palu, dan Kelompok Pemulung yang memeriahkan dan berpartisipasi untuk melakukan bersih bersih sampah.

Dengan HPSN ini Tri Tito Karnavian juga mengajak kepada masyarakat Sulawesi Tengah untuk mencintai kebersihan Menuju Indonesia Bersih.

“Mari semua masyarakat Sulawesi Tengah unruk mencintai kebersihan Menuju Indonesia Bersih.” ajaknya.

Editor : YES

Komentar
Loading...