Menjadi Referensi Mendunia

Pemda Kabupaten Tolitoli Adakan Bimtek SPSE

Indonesiaberita.com, TOLITOLI – Bagian pengadaan barang dan jasa sekretariat daerah (Sekda) Kabupaten Tolitoli mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dalam rangka persiapan penggunaan aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) Versi 4.3, tentang aturan pengadaan dan pengenalan aplikasi SPSE kepada Pejabat Pengadaan di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tolitoli bertempat di Suwot Pollimpungan Kantor Bupati Tolitoli, Jumat sore (22/2/2019).

“Bimtek ini ditujukan kepada Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dari semua perangkat daerah lingkup pemerintah daerah Kabupaten Tolitoli dengan tujuan untuk mengenalkan dan mempersiapkan memasuki penggunaan aplikasi SPSE versi 4.3 sebagai implementasi dan menyesuaikan peraturan pemerintah nomor 15 tahun 2018 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah serta untuk meningkatkan SDM pelaku pengadaan di Tolitoli.” kata Kepala Sub Bagian pengelolaan pengadaan barang dan jasa Setdakab Tolitoli, Tamrin, Jum’at (22/2/2019).

Dijelaskannya, bimtek ini sangat penting untuk memahami regulasi terbaru yang mengatur pengadaan barang atau jasa.

“Ini dapat pula dijadikan pedoman dalam pelaksanaan tugas dan fungsi sebagai pelaku pengadaan yang sangat rentan dengan risiko dan permasalahan hukum.” jelas Tamrin.

Menurut Tamrin, selain PPK penggunaan aplikasi SPSE Versi 4.3 terbaru ini juga dapat digunakan oleh pelaku usaha, Pokja Pemilihan, Pejabat Pengadaan, Admin PPE, Admin Agency, dan Kepala Unit Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa.

“Penerapan aplikasi SPSE Versi 4.3 dilingkungan Pemda Kabupaten Tolitoli akan mulai berlaku pada tahun 2019 yang akan menggantikan aplikasi SPSE yang digunakan sebelumnya.” ujarnya.

Selanjutnya Tamrin menuturkan bahwa Kewajiban menggunakan aplikasi ini didasarkan pada surat Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) kepada seluruh Sekretaris Jenderal, Sekretaris Kementerian, Sekretaris Lembaga, dan Sekretaris Daerah yang mengimbau agar LPSE Kementerian, Lembaga, maupun Pemda segera melakukan permohonan Upgrade SPSE ke Versi 4.3 dengan mengajukan permohonan instalasi SPSE Versi 4.3.

“Dalam penerapan aplikasi ini akan terdapat beberapa perubahan salah satunya dalam proses pembuatan paket tender, maupun penambahan fitur dalam penginputan dokumen perencanaan pengadaan yang harus disesuaikan pula dengan aturan yang baru.” pungkasnya

Dalam kesempatan tersebut Asisten Sekretaris Daerah (Setda) Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesra Kabupaten Tolitoli Muh.Nur Munawar mengharapkan agar ke depan hubungan baik Tolitoli dengan LKPP terus terjalin.

“Sehingga target untuk menjadikan SDM pengelola pengadaan di Tolitoli yang berkompeten dapat diwujudkan.” harapnya.

Pihaknya atas nama pemerintah daerah menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada LKPP yang telah memenuhi permintaan Pemda Kabupaten Tolitoli untuk dijadikan salah satu daerah yang menjadi objek pembinaan LKPP.

“Terima kasih dan apresiasi kepada LKPP yang telah jadikan Kabupaten Tolitoli salah satu daerah objek pembinaan LKPP.” pungkas Muh Nur yang mewakili Pemda.

Editor : YES

Komentar
Loading...