Indonesiaberita.com, TOLITOLI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tolitoli memberikan pemahaman dasar kebencanaan kepada anak usia dini.

Pemberian dasar pemahaman tersebut diberikan kepada puluhan anak-anak dari Taman Kanak-kanak (TK) Aisyiyah Kabupaten Tolitoli saat berkunjung ke kantor BPBD Kabupaten Tolitoli, Rabu  (27/2/2019) pagi.

Saat berkunjung ke Kantor BPBD Kabupaten Tolitoli, anak-anak dari TK Aisiyah ini didampingi guru dan orang tua mereka.

“Kunjungan tersebut merupakan edukasi kebencanaan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar tentang kebencanaan kepada anak-anak dan memberikan pengetahuan apa yang harus dilakukan jika terjadi bencana..” kata Sekretaris BPBD Kabupaten Tolitoli,Vidya Putra, Rabu (27/2/2019).

Ditambahkan anak-anak TK ini juga diajak melakukan simulasi penanggulangan bencana serta diperkenalkan kepada para petugas di lapangan saat terjadi bencana.

“Mereka diberi pemahaman tentang apa saja yang menjadi penyebab bencana dan penanggulangannya.” jelas Vidya.

Pada kegiatan ini menurut Vidya Putra, bahwa pihaknya juga memperkenalkan sejumlah fasilitas dan alat pendukung BPBD dalam Penanggulangan Bencana Daerah, kepada anak-anak di usia dini ini, seperti mobil pemadam kebakaran, perahu karet, mobil penolong dan fasilitas petugas di lapangan disertai cara penggunaannya..

“Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan surat resmi Kepala Sekolah TK Aisyiyah kepada pihak BPBD, sehingga dijadwalkan waktu kunjungan siswa pada program pengenalan penanggulangan bencana ini. Kegiatan ini juga merupakan salah satu program rutin yang dilaksanakan BPBD setiap tahunnya di sekolah-sekolah tingkat SMP dan SMA di Tolitoli. Walaupun belum mencakup ke semua sekolah yang ada, tapi diupayakan kegiatan ini dapat terus terlaksana guna menambah wawasan dan pengetahuan anak sekolah mengenai cara menghindari, menghadapi dan menanggulangi bencana.” pungkasnya.

Editor : YES