Menjadi Referensi Mendunia

Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Tolitoli Gelar Pelatihan Standar Operasional Manajemen

Indonesiaberita.com, TOLITOLI – Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Tolitoli menggelar Pelatihan Standar Operasional Manajemen (SOM) bagi Koperasi Simpan Pinjam/Usaha Simpan Pinjam (KSP/USP), Koperasi Penerima Dana Bergulir dan Dana Bantuan Sosial Rabu, (27/2/2019).

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan tentang Perkoperasian  dan meningkatkan pemahaman mengenai Standar Operasional Manajemen (SOM) bagi KSP/USP koperasi Penerima Dana Bergulir dan dana Bansos.sebagaimana di atur dalam undang undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang perkoperasian.” kata Ketua panitia pelaksana, Hartini,S.Raikang saat membacakan laporannya, Rabu (27/2/2019).

Sementara itu, Sekretaris Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Tolitoli, Trie Lesminingsih,  menyampaikan bahwa Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)  pengurus Koperasi adalah proses pengelolaan SDM pengurus koperasi melalui implementasi fungsi-fungsi manajemen.

“Yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan dalam usaha meningkatkan kualitas SDM pengurus koperasi agar dapat bekerja secara efektif dan profesional guna mencapai tujuan anggota, Pemerintah dan Organisasi.” papar Trie.

Dikatakannya, bahwa manajemen SDM pengurus koperasi dibagi kedalam dua sudut pandang, yaitu Manajemen Perekrutan Pengurus Koperasi dan Manajemen Kinerja Pengurus Koperasi.

Tujuan sasaran dan lingkup standar operasional manajemen untuk memberikan panduan bagi pengelola KSP/USP koperasi dalam menjalankan kegiatan operasional usaha simpan pinjam.

“Sasaran standar operasional manajemen adalah terwujudnya pengelolaan KSP/USP koperasi yang efektif dan efisien.” ucapTris.

Diharapkan agar kegiatan ini mampu meningkatkan kapasitas dan kompetensi standar Para pengurus dan pengelola KSP/USP koperasi agar dapat meningkatkan kualitas koperasi dan mempunyai kelembagaan koperasi yang kuat, memiliki orientasi kepentingan usaha

“Kepada anggota dan masyarakat umum sekitarnya, menerapkan manajemen usaha yang efisien dan mempunyai jaringan usaha dan pelanggan yang luas dengan dukungan informasi dan teknologi yang handal. Selain itu, koperasi sesungguhnya adalah badan usaha yang modern apabila dikelola dengan prinsip prinsip dan jati diri koperasi yang benar, dan diikuti dengan profesionalisme pengelolaan.” harap Trie.

Editor : YES

Komentar
Loading...