IBC – TALAUD, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal Melonguane) Letkol Mar Augustinus Purba mengajak semua prajuritnya untuk Ngopi bareng (Coffee Morning) bersama para Jurnalis yang bertugas di beranda terdepan NKRI.

Ngopi bareng ini diinisiasi oleh Danlanal Melonguane dengan tujuan untuk menjalin sinergitas dan keakraban antara Prajurit TNI AL dengan sejumlah Insan Pers yang tergabung dalam Forum Wartawan Perbatasan (FWP) Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut).

Selain itu, pelaksanaan kegiatan ini, sebagai bentuk reward (penghargaan – red) dan apresiasi dari Danlanal atas sinergitas yang telah terjalin antara kesatriaan matra laut di wilayah perbatasan antara NKRI – Filipina dengan para wartawan. Baik dari media cetak, media online dan media elektronik.

“Kami ingin menjalin tali silahturahmi. Oleh karena itu, kegiatan ini digelar sebagai bentuk penghargaan dari kami kepada rekan-rekan awak media yang telah banyak membantu mempublikasikan berbagai berita dan informasi di Kabupaten Kepulauan Talaud, khususnya terkait pelaksanaan tugas dan kinerja Lanal Melonguane,” ungkap Augustinus Purba di Mako Lanal Melonguane, Jumat (8/3/2019) pagi.

Danlanal menyampaikan sinergitas yang terbangun selama ini dengan awak media sudah cukup baik, dan diharapkan akan tetap seperti itu.

“Kiranya, lewat coffee morning ini, perwira bersama prajurit di Lanal Melonguane dapat saling mengenali dan mengurai kekakuan,” tambahnya.

Purba menjelaskan, dalam pelaksanaan tugas kemiliteran, memang ada beberapa giat yang dilakukan tertutup dan bersifat rahasia, contohnya operasi militer di laut.

“Kami juga berharap rekan-rekan sekalian dapat berbagi wawasan dan pengetahuan kepada personil TNI AL tentang bagaimana membuat sebuah press release dan berita yang menarik,” harap Perwira yang pernah bertugas di Indonesia Batalyon (Indo Bat) dan menjadi bagian dari pasukan perdamaian PBB di Lebanon ini.

Pada kesempatan ini, Marwan Pakaya, selaku Sekretaris FWP mengatakan sangat mengapresiasi maksud dan tujuan diadakannya acara yang bisa disebut meet and greet tersebut.

“Kami yang tergabung dalam FWP berasal dari berbagai media, baik cetak, online dan elektronik. Masing-masing media memiliki style dalam mengolah dan membuat sebuah karya jurnalistik, dalam hal ini berita. Kami berharap, antara TNI dan Media bisa terus bekerjasama, baik dalam pemberitaan dan menjaga kedaulatan dan batas wilayah NKRI,” pungkas Reporter Kawanua TV Biro Talaud ini.

Hal menarik dari pertemuan kali ini adalah, Prajurit Lanal Melonguane dan wartawan saling tukar pikiran dan berbagi ilmu bersama. Khususnya lagi, pembekalan dasar ilmu-ilmu Jurnalistik yang diberikan anggota FWP kepada seluruh prajurit Matra Laut yang bertugas di bumi Porodisa (Talaud – red).

Coffee morning kali ini turut dihadiri oleh sejumlah Perwira Staf dan personil Lanal Melonguane, Ketua dan anggota Forum Wartawan Perbatasan (FWP) Kabupaten Kepulauan Talaud, diantaranya Jasman Andi dari SKH Indo Post, Marwan Pakaya dari Kawanua TV, Ardy Ivent Mamentiwalo dari LPP TVRI, Robert Tamaroba dari LPP RRI, Melky Tumpia dari Media Indonesiaberita.com, dan Eko Septyanto dari Media Gemparnews.com.

Editor : YES