Menjadi Referensi Mendunia

Pajang Foto Jokowi – Ma’ruf, Bawaslu Turunkan Baliho Caleg Golkar

IBC- TALIABU, Baliho calon legislatif (caleg) Partai Golkar Dapil I Pulau Taliabu akhirnya diturunkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) melalui Panitia Pegawas Lapangan (PPL) Kecamatan Taliabu Timur Selatan (Taltimsel), Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab), Maluku Utara (Malut).

Hal ini lantaran baliho caleg Partai Golkar yang terpajang di Desa Sofan Taltimsel tercantum pula foto paslon Joko Widodo – Maaruf Amin sehingga hal itu dinilai bertentangan dengan edaran PKPU dan juga edaran KPU Propinsi Maluku Utara.

Selain menurunkan baliho, Bawaslu Taliabu juga melakukan panggilan terhadap salah satu caleg Partai Golkar yakni Erikson Tomhisa untuk klarifikasi.

Kepada media ini, usai memenuhi panggilan Bawaslu Erikson mengatakan jika dirinya baru mengetahui edaran PKPU setelah memenuhi panggilan Bawaslu namun dirinya tetap menilai penurunan baliho tersebut tidak sesuai prosedur.

Bahkan, dirinya menganggap hal itu sebagai tindakan pengrusakan baliho sehingga ia mengancam akan melaporkan hal ini ke pihak yang berwajib.

“Kami secara lembaga mengakui bahwa kami sudah menyalahi aturan terutama PKPU, namun secara prosedur penurunan baliho itu yang tidak sesuai. Teguran secara tertulis dan teguran lisan memang sudah kami terima, tapi minimal pada saat penurunan itu kita juga harus di hadirkan, kemudian foto paslon presiden saja yang ditutup, kemudian baliho calegnya di sampaikan ke kita. Tapi yang terjadi kan tidak, mereka langsung Main bongkar saja.” ungkapnya.

Sehingga itu lanjut Erikson, Golkar secara kelembagaan dan dirinya secara pribadi akan melaporkan hal tersebut di Polsek Taliabu Timur Selatan.

“Saya dan Partai Golkar akan laporkan ke Polsek Taliabu Timur Selatan.” lanjutnya.

Secara terpisah, Komisioner Bawaslu bidang hukum dan penindakan, Mochtar Tidore ketika dihubungi via telpon mengatakan penurunan baliho tersebut sudah sesuai prosedur.

“Sebab sebelum melakukan penurunan baliho panwascam Taltimsel telah melayangkan teguran secara berulang-ulang namun setelah tim sukses melaporkan ke yang bersangkutan untuk di turunkan erikson tetap bersih keras untuk tidak menurunkan baliho tersebut sehingga PPL pun langsung menindak tegas menurunkan baliho tersebut tanpa merusak baliho itu.” kata Mochtar.

Terkait inisiatif pihak Golkar maupun Erikson secara pribadi yang akan melaporkan hal tersebut ke ranah kepolisian pun pihaknya akan tetap siap.

“Silahkan dia melapor (Erikson – red), kalau mau melapor, apakah baliho itu robek atau tidak.” tegas Mochtar dengan lantang.

Editor : YES

Komentar
Loading...