Menjadi Referensi Mendunia

Tingkatkan Kapasitas SDM Aparatur, Bawaslu Talaud Gelar Raker Bersama Pengawas Pemilu

IBC – TALAUD, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Talaud, meminta kepada seluruh aparatur pengawas pemilu untuk dapat mengisi lagi pengetahuan dan pemahaman terkait tugas dan fungsinya, serta memantapkan penguatan regulasi tentang Kepemiluan dan prosedur pelaksanaan pengawasan.

Pelaksanaan rapat kerja (raker) peningkatan kapasitas sumber daya manusia aparatur pengawas pemilu ini, dipandang penting karena mengingat waktu pelaksanaan Pemilu 2019 yang sudah semakin dekat.

“Sesuai kapasitas kita masing masing terkait dengan penguatan Regulasi maupun prosedur sesuai dengan proses pelaksanaan pengawasan, oleh karena itu sangat penting bagi kami untuk melaksanakan kegiatan ini karena waktu pelaksanaan pemilu sudah sangat dekat,” ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Kepulauan Talaud, Jekman Wauda, di Aula Penginapan Permata 2 Melonguane, Rabu (13/3/2019) kemarin saat membuka kegiatan.

Harapan kami Bawaslu, lanjut Wauda, semua masih dalam kesepahaman bahwa tugas fungsi pengawasan ada di pundak aparatur pengawas pemilu secara khusus meski proses pengawasan secara umum adalah seluruh masyarakat dan stake holder  yang terlibat dalam proses pengawasan.

“Sesuai amanat Undang-Undang, pengawas pemilu diberikan kewenangan yang cukup besar. Ada dua fungsi yang diterapkan yakni  fungsi pencegahan dan fungsi penindakan,” lanjutnya.

Ketua Bawaslu Talaud menyampaikan, di Media Sosial seperti Facebook, khususnya grup Publik Talaud sedang ramai diperbincangkan terkait dengan penindakan pelanggaran yang dilakukan oleh Bawaslu utamanya proses penertiban Alat Peraga Kampanye (APK).

“Memang secara regulasi kita memahami bahwa apa yang kita lakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Yang dipermasalahkan apabila kita melakukan sesuatu tidak sesuai dengan proses perundangan- undangan,” terang Wauda.

Delegasi Bawaslu Provinsi Sulut, Ester Lombogia, dalam kesempatan pertama memberikan materi, menjabarkan tentang Pengelolaan SDM Organisasi dan Kesekretariatan sesuai Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

“Misalnya sinergitas dalam pengelolaan lembaga pengawas pemilu dan bagaimana memahami tugas dan fungsi masing-masing,” tutur Lombogia.

Rapat kerja peningkatan kapasitas sumber daya manusia aparatur pengawas pemilu yang diselenggarakan oleh Bawaslu Talaud ini, dihadiri oleh Panwascam dan Kepala Sekretariat se-Kabupaten Kepulauan Talaud.

Untuk materi kedua, pada Kamis, 14 Maret 2019 akan membahas tentang tugas Panwascam sesuai UU Nomor 7 tahun 2017 yang akan dipaparkan oleh Ketua Divisi SDM Bawaslu Talaud , Raemond Manangkabo.

Salah satu hal yang akan di jelaskan, adalah bagaimana melakukan pencegahan dan penindakan di wilayah kecamatan terhadap pelanggaran Pemilu.

Editor : YES

Komentar
Loading...