IBC – TALAUD, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Talaud, meminta kepada seluruh aparatur pengawas pemilu untuk dapat mengisi lagi pengetahuan dan pemahaman terkait tugas dan fungsinya, serta memantapkan penguatan regulasi tentang Kepemiluan dan prosedur pelaksanaan pengawasan.

Pelaksanaan rapat kerja (raker) peningkatan kapasitas sumber daya manusia aparatur pengawas pemilu ini, dipandang penting karena mengingat waktu pelaksanaan Pemilu 2019 yang sudah semakin dekat.

“Sesuai kapasitas kita masing masing terkait dengan penguatan Regulasi maupun prosedur sesuai dengan proses pelaksanaan pengawasan, oleh karena itu sangat penting bagi kami untuk melaksanakan kegiatan ini karena waktu pelaksanaan pemilu sudah sangat dekat,” ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Kepulauan Talaud, Jekman Wauda, di Aula Penginapan Permata 2 Melonguane, Rabu (13/3/2019) kemarin saat membuka kegiatan.

Harapan kami Bawaslu, lanjut Wauda, semua masih dalam kesepahaman bahwa tugas fungsi pengawasan ada di pundak aparatur pengawas pemilu secara khusus meski proses pengawasan secara umum adalah seluruh masyarakat dan stake holder  yang terlibat dalam proses pengawasan.