IBC – ,TOMOHON, Dalam penyelenggaraan Bangunan Gedung di Kota Tomohon harus dilaksanakan secara tertib, teratur dan sesuai fungsinya dan memenuhi persyaratan administratif dan teknis bangunan gedung agar menjamin keselamatan penghuni dan lingkungannya, oleh karna itu diterbitkan Perda Nomor 4 Tahun 2014 tentang Bangunan Gedung (BG)

Dalam hal ini Sekretariat DPRD Kota Tomohon menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Bangunan Gedung (BG) yang hadir sebagai narasumber yaitu Anggota DPRD Kota Tomohon dari Partai Golkar, Maria Pijoh di Wisma Katholik Kelurahan Kamasi Satu Kecamatan Tengah Kota Tomohon, Senin (18/3/2019).

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat Kelurahan Kamasi dan Paslaten Satu tentang bangunan gedung (BG).

Kegiatan ini diawali oleh Sekretaris DPRD Kota Tomohon yang diwakili oleh kepala Bagian Keuangan, Fasilitasi Anggaran dan Pengawasan Djhonie Sualang dalam sambutanya mengatakan penerbitan peraturan daerah merupakan upaya Pemerintah Kota Tomohon dalam meningkatkan proses pembangunan yang memberikan jaminan kepada masyarakat.

“Penerbitan Perda ini upayabPemkot Tomohon dalam meningkatkan proses pembangunan yang memberikan jaminan kepada masyarakat.” kata Djhonie Sualang dalam sambutannya.

Sementara itu menurut Maria Pijoh Perda bangunan gedung sangat perlu diketahui masyarakat.

“Peraturan daerah bangunan gedung sangat perlu untuk diketahui masyarakat supaya dapat mengawasi setiap pengembangan fasilitas dan mendapatkan jaminan hukum. Begitu pula dengan pemerintah daerah memiliki dasar hukum dalam melakukan penindakan maupun pengembangan fasilitas.” ujar Pijoh.

Selanjutnya Pijoh mengatakan maksud dari perda ini sebagai acuan untuk mengatur dan mengendalikan penyelenggaraan Bangunan Gedung.

“Sejak dari perizinan, perencanaan, pelaksanan konstruksi, pemanfaatan, kelayakan bangunan gedung agar sesuai dengan peraturan perundang-undangan.” kata politisi yang santun dan merakyat ini.

Diakhir paparnya Pijoh mengungkapkan tujuan perda ini diterbitkan oleh DPRD kota Tomohon untuk mewujudkan bangunan gedung yang fungsionalnya serasi dan selaras dengan lingkungan, disamping menjamin keandalan teknis bangunan gedung dari segi keselamatan,kesehatan,kenyamanan dan kemudahan.

“Ruang Lingkup Peraturan Daerah ini meliputi ketentuan fungsi bangunan gedung, persyaratan bangunan gedung, penyelenggaraan bangunan gedung, peran masyarakat, dan pembinaan dalam penyelenggaraan bangunan gedung.” pungkas Politisi Partai golkar yang dicalonkan kembali di Dapil Tomohon Tengah.

Dari pantaun Indonesia Berita yang turut hadir dalam acara sosialisasi ini sebagai narasumber dari perangkat daerah terkait, yakni Kepala Bidang Penataan Permukiman Dinas Perumahan Permukiman Kota Tomohon Ir Bastian Wowiling.

Penulis : Petra

Editor : YES