IBC – TOMOHON, Rabies merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan dapat menular kepada manusia melalui gigitan hewan yang terserang virus rabies, baik hewan liar maupun hewan yang dipelihara oleh masyarakat seperti anjing, kucing, dan kera.

Untuk itu Sekretariat DPRD Kota Tomohon melaksanakan kegiatan Sosialisasi Peraturan Daerah Kota Tomohon Nomor 1 Tahun 2017 tentang Pengendalian dan Penanggulangan Rabies di Kelurahan Paslaten Satu dan Kelurahan Paslaten Dua, bertempat di BPU Kelurahan Paslaten 1, Senin (18/3/2019).

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bagian Keuangan dan Penganggaran Djhonie Sualang. Narasumber dari kegiatan Sosialisasi ini adalah anggota DPRD kota Tomohon Michael Lala dari Partai Gerindra serta dari dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon, Agus Budiarso selaku kasie kesehatan hewan.

Michael Lala dalam memaparkan materi sosialiasi mengatakan Perda Nomor 1 Tahun 2017 ini bertujuan untuk melindungi seluruh masyarakat dari resiko tertularnya penyakit rabies di Kota Tomohon.

Menurut data sudah ada sekitar 46 kasus yang teridentifikasi rabies di Kota Tomohon dan belum menular ke manusia, “Bersyukur kasus ini belum tertimpah ke masyarakat, karena itu harus berfikir melakukan langkah-langkah preventif,dengan mensosialisasikan perda ini kepada masyarakat agar tahu dan mengerti juga tidak mengabaikan akan rabies ini,” ujar Lala.

Selanjutnya Lala menjelaskan Perda ini jadi landasan hukum dalam mengatur, pemeliharaan dan pengawasan terhadap hewan penular rabies serta melakukan pencegahan dan penanggulangan rabies.

“Perda Pengendalian dan Penanggulangan Rabies ini, berdampak besar bagi masyarakat untuk menjaga terciptanya lingkungan yang sehat yang bebas dari Rabies, perda ini memiliki manfaat terhadap perlindungan dan kenyamanan masyarakat sebagai langkah yang menunjang pembangunan Kota Tomohon. Penyusunan perda ini sudah melalui berbagai proses tahapan oleh kelembagaan DPRD Kota Tomohon,” jelasnya.

Diakhir materi Lala menghimbau dan mengajak kepada semua masyarakat Paslaten 1 yang hadir agar kiranya terus waspada melihat situasi dan kondisi lingkungan masing masing terutama berkaitan dengan hewan penular rabies.

“Agar masyarakat terus waspada melihat situasi dan kondisi lingkungan masing masing terutama berkaitan dengan hewan penular rabies.” pungkasnya.

Penulis : Petra Santoso

Editor : YES