Menjadi Referensi Mendunia

Tingkatkan Kualitas SDM, TNI-Polri dan Ormas di Talaud Dibekali Ilmu Manajemen

IBC – TALAUD, Guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan menambah pengetahuan dalam bidang manajemen bisnis, organisasi, kepemimpinan maupun metode perencanaan strategis dalam suatu lembaga atau Institusi tertentu.

Berbagai komponen baik TNI, Polri, dan organisasi masyarakat yang ada di Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara, mengikuti pelatihan singkat tentang proses perencanaan, metode SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) dan analisa potensi suatu daerah yang berlangsung di Aula Mapolres Kepulauan Talaud, Senin (25/3/2019) pagi.

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Kodim 1312/Talaud, Polres Kepulauan Talaud, Universitas Samratulangi (Unsrat) Manado, dan Ikastara (Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara).

Kapolres Kepulauan Talaud, AKBP Prasetya Sejati dalam sambutannya mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini sangat berguna dalam bidang apapun, guna mendukung pekerjaan dan tugas-tugas yang ada.

“Baik TNI, Polri, dan Masyarakat yang mengikuti kegiatan ini, tentunya akan mendapatkan ilmu tentang metode SWOT itu sendiri. Ini sangat berguna dalam melaksanakan tugas-tugas kita kedepan,” ucap Prasetya Sejati, saat membuka kegiatan tersebut.

Demikian juga dikatakan Dandim 1312/Talaud Letkol Arm Gregorius Eka Setiawan. Ia menyampaikan, tujuan dilaksanakannya pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Saya yakin dan percaya, tidak ada ilmu yang sia-sia. Tujuan dilaksanakannya pelatihan ini adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM),” kata Dandim

Lanjut Dandim, untuk membangun suatu daerah bukan hanya bangunan fisiknya saja yang diutamakan, melainkan SDM-nya yang perlu untuk ditingkatkan kualitas personalnya.

“Kalau manusianya memiliki kualitas dan sumber daya yang mumpuni, pasti daerah ini juga akan menjadi lebih baik. Terimakasih kepada semua pihak yang mendukung penuh pelaksanaan kegiatan ini,” tutur Eka Setiawan

Sementara itu, Dr. Eng (Engineering) Tritiya A. R. Arungpadang mengatakan, inti dari pelatihan ini adalah metode SWOT itu sendiri.

“Ini merupakan tools, apa yang kita pelajari ini, merupakan bahan untuk mengembangkan potensi-potensi yang sudah ada,” tukas Arungpadang selaku Narasumber dalam pelatihan tersebut.

Ia menambahkan, beberapa materi penting dalam memahami Prinsip manajemen pokok yang mencakup fungsi manajemen tradisi yakni Poac.

“Fungsi manajemen tradisi adalah planning (perencanaan), organizing (pengorganisian), actuating (pengarahan) / leading (kepemimpinan), dan controling (pengendalian). Ini merupakan hal-hal dasar yang harus kita pahami,” ungkap Arungpadang, yang merupakan Dosen Fakultas Teknik dari Universitas Samratulangi (Unsrat) Manado ini.

Analisis SWOT merupakan metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis.

Pelatihan singkat ini turut dihadiri Kapolres Kepulauan Talaud AKBP Prasetya Sejati, Dandim 1312/Talaud Letkol Arm Gregorius Eka Setiawan, Ketua Cabang Bhayangkari Polres Talaud Ny. Novieta Prasetya bersama pengurus dan anggota, Dosen Fakultas Teknik Universitas Samratulangi (Unsrat) Manado, Dr. Eng. (Engineering)Tritiya A. R. Arungpadang bersama Tim, Perwira Staf dan Anggota Kodim 1312/Talaud, Personil Polres Kepulauan Talaud, dan masyarakat umum lainnya.

Editor : YES

Komentar
Loading...