IBC – TOLITOLI, Pengawas TPS (PTPS) se-Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli dilantik oleh Panitia Panwascam Kecamatan Baolan bertempat di Aula Hotel Bumi Harapan Kabupaten Tolitoli pada Senin (25/3/2019).

Puluhan  Pengawas TPS se-Kecamatan Baolan tersebut dilantik oleh Ketua Panwascam Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli, Darwin selain dilakukan pelantikan, Panwascam Kecamatan Baolan juga melakukan Bimbingan Tekhnik (Bimtek) terhadap Puluhan Pengawas TPS yang baru dilantik tersebut.

Ketua Panwascam Baolan, Darwin dalam kesempatan tersebut  mengatakan kepada para pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) dalam bekerja agar lebih berhati-hati.

“PTPS kerja Harus hati hati, PTPS harus betul-betul mengawasi dan menganalisa proses pelaksanaan Pemilu berdasarkan aturan-aturan yang ada di lapangan atau yang berlaku di dalam TPS tempat bertugas masing-masing. saat Bertugas para Pengawas akan di dampingi oleh petugas Keamanan dari TNI-Polri.” kata Darwin, Senin (25/3/2019).

Sementara itu menurut Camat Baolan Dahri D Min’un bahwa seluruh Pengawas Pemilu haruslah melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab, adil, jujur dan bersikap netral terhadap Pemilihan Umum 17 April mendatang.

“Pengawas TPS wajib mengetahui dasar-dasar hukum Pemilu, mengenali  TPS masing-masing serta mengetahui jumlah pemilih, para saksi, petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan petugas lainnya dan selalu berhati-hati dalam bertugas demi kelancaran pelaksanaan pengawasan Pemilu.” jelas Dahri.

Menurut Kapolsek Baolan Iptu Army Casriyanto dalam kesempatan tersebut mengatakan melalui bimtek ini diimbau kepada para PTPS agar memahami aturan-aturan dalam pelaksanaan Pemilu di TPS masing-masing.

“Pengabdian pengawas Pemilu sangat diharapkan agar Pemilu berjalan baik,  lancar, dan tertib karena pengawas sebagai pemegang kunci keberhasilan  dalam pemilihan nantinya. kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat berharga dan penting dalam pelaksanaan Pemilu tahun 2019 yang aman dan tertib ” kata Army.

Editor : YES