IBC, JAKARTA – Liverpool memetik kemenangan 3-1 atas Southampton pada lanjutan Liga Inggris pekan ke-33 yang berlangsung di St Mary’s, Sabtu (6/4/2019) dini hari WIB

Tuan rumah sempat unggul lebih dahulu melalui Shane Long pada menit ke-9 namun tim asuhan Jurgen Klopp bangkit dengan membalas tiga gol melalui Naby Keita menit 36, Salah menit ke-80 dan Handerson menit 86.

Dengan kemenangan ini Liverpool mengambil alih pimpinan klasemen semantara dari Manchester City dengan selisih 2 poin namun City masih menyimpan satu pertandingan lebih banyak dan juga membuat Liverpool berpeluang meraih gelar juara Liga Inggris musim ini.

Pada menit-menit babak pertama Liverpool mampu memegang kendali permainan namun tuan rumah mampu mencetak gol lebih dahulu pada menit ke-9 lewat kaki Shane Long.

Gol Long berawal dari umpan silang Bertrand  dari sisi kiri ke kotak penalti dan disundul Hojbjerg kemudian dapat dituntaskan dengan baik oleh Long, yang berdiri bebas tanpa kawalan pemain bertahan Liverpool, 1-0untuk Southampton.

The Reds berpeluang menyamakan kedudukan pada menit ke-15 lewat Keita namun tandangan dari sudut sempit masih sedikit melebar dari gawang Gum.

Usaha Liverpool untuk menyamakan kedudukan akhirnya berbuah dengan baik pada menit ke-36 sebuah umpan silang akurat Alexander-Arnold mampu disambut sundulan Keita yang mengarah ke sudut kanan bawah dan tidak mampu diantisipasi Gum, kedudukan menjadi 1-1.

Nyaris saja Mane membawa timnya unggul apabila sundulannya pada menit ke-39 yang memanfaatkan umpan silang ke kotak penalti tidak melebar dari gawang Gum.

Hingga peluit panjang ditiup wasit tidak ada gol tambahan dari kedua tim dan babak pertama berakhir imbang 1-1.

Permainan pada babak kedua tersaji pertarungan saling serang dan terbuka dari kedua tim namun kedudukan 1-1 bertahan hingga meni ke 79.

Memasuki menit-menit krusial Te Anfield Gang yang berhasrat membawa tiga poin untuk menjaga peluangnya meraih gelar juara Liga Inggris musim ini harus dapat mencetak gol tambahan.

Sebuah gol tambahan pun datang pada menit ke-80 melalui skema serangan balik yang cepat dari Salah yang menggiring bola dari tengah lapangan setelah mendapat umpan sundulan Handerson, dari luar kotak penalti Salah menendang bola dengan kaki kiri ke sudut kanan dan bola tidak dapat dijangkau Gum, skor menjadi 2-1 untuk Liverpool.

Ini merupakan gol ke-50 Salah dari 69 penampilannya di Liga Inggris.

Handerson yang baru masuk di babak kedua dapat mencetak gol yang ketiga untuk Liverpool di menit ke-86 yang berasal dari umpan tarik mendatar Firmino dan bola dicoxor dengan kaki kirinya tanpa dapat dijangkau Gum bola meluncur ke gawang.

Wasit memberikan tambahan waktu empat menit namun sampai berakhirnya waktu tambahannkedudukan 3-1 untuk Liverpool tidak berubah sampai wasit meniuo peluit panjang.

Kememangan ini membuat Liverpool menggeser Manchester City yang sebelumnya memimpin klasemen semntara, saat ini Liverpool memimpin dengan 92 poin dari 33 pertandingan unggul 2 poin dari The Citizen namun City baru memainkan 32 pertandingan.

Penulis : Fitra

Editor : YES