IBC, TOLITOLI – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Propinsi Sulawesi Tengah melakukan pemeriksaan fisik kendaraan dinas milik Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tolitoli.

Pemeriksaan kendaraan dinas dilakukan berupa pemeriksaan fisik, surat tanda nomor kendaraan bermotor (STNK), pajak kendaraan bermotor (PKB), berita acara serah terima (BAST) yang berisi pernyataan tanggung jawab dan jangka waktu penggunaan, foto kendaraan dinas serta daftar kendaraan dinas Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kepala Seksi Bidang Inventarisasi dan Pengamanan Bidang Aset Badan Keuangan Daerah Mohammad Ikhwan mengatakan bahwa pemeriksaan kendaraan dinas Pemda Tolitoli ini merupakan tindak lanjut surat BPK-RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah perihal pemeriksaan fisik kendaraan dinas.

“Dengan tujuan untuk mengoptimalkan pelaksanaan dan penggunaan aset daerah yang ada di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli dan untuk menertibkan tata kelola aset daerah secara administrasi sehingga BPK menguji seberapa besar tata tertib pengelola aset daerah di Kabupaten Tolitoli.” kata kepala seksi Bidang Inventarisasi dan pengamanan bidang aset Badan keuangan Daerah Mohammad Ikhwan, Kamis (11/4/2019).

Selain itu, menurut Ikhwan hal ini juga dilakukan untuk mengevaluasi aset daerah yang ada di tiap OPD di Kecamatan, kelurahan maupun desa.

Meskipun demikian, pemeriksaan kendaraan dinas ini masih menemui beberapa kendala sepertei ada OPD yang masih dalam melaksanakan tugas lain atau dalam perjalanan dinas luar daerah dan jarak dari tempat pemeriksaan khususnya Kecamatan sangat jauh sehingga keterlambatan proses pemeriksaan kendaraan.

“Pemeriksaan ini sangatlah bermanfaat apabila BPK menilai pengelolaan barang daerah untuk Kabupaten Tolitoli sangat baik yang dapat mempengaruhi opini yang akan dikeluarkan oleh Badan Pemeriksaan Keuangan, dengan harapan agar kabupaten Tolitoli minimal menjadi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dengan upaya Pemerintah Daerah dalam hal aset daerah dalam meningkatkan Opini di tahun ini.” ungkapnya.

Pemeriksaan Fisik kendaraan dinas yang dilaksanakan sejak hari Rabu 10 April hingga Kamis 11 April 2019 dilaksanakan oleh BPK perwakilan Sulawesi tengah itu di laksanakan di Halaman Kantor Badan Keuangan Daerah kabupaten Tolitoli.

Editor : YES