Menjadi Referensi Mendunia

Cek Kesiapan Pemilu 2019, Polres Talaud Gelar ‘Coffee Morning Pemilu’ Bersama Sejumlah Unsur

IBC, TALAUD – Jelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019 pada 17 April mendatang di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud, Polres Kepulauan Talaud menggelar acara ngopi bareng (coffee morning) bersama jajaran Forkopimda, KPU, Bawaslu, dan PT. PLN (Persero) Rayon Melonguane yang berlangsung di Ruang Kerja Kapolres, pada Kamis (11/4/2019) kemarin.

Kapolres Kepulauan Talaud AKBP Prasetya Sejati mengatakan, selain menjalin tali silahturahmi antara Pimpinan Daerah, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk membangun sinergitas sekaligus membahas berbagai hal terkait pengamanan pemilu dan hal teknis lainnnya jelang pesta demokrasi tahun ini.

Coffee morning ini digelar untuk  mempererat tali silaturahmi bersama Forkopimda dan Penyelenggara Pemilu untuk membahas mengenai kesiapan-kesiapan Jelang Tahapan Pemungutan Suara tanggal 17 April 2019,” kata Kapolres.

Pihak Kepolisian juga, lanjut Kapolres, akan terus melakukan pengawasan dan berkoordinasi dengan semua pihak agar Pemilu 2019 di Talaud dapat terlaksana dengan aman dan sukses.

“Tentunya kami akan terus melakukan pengawasan dan meningkatkan keamanan jelang Pemilu nanti. Kami akan terus berkoordinasi dengan semua pihak, baik itu KPU, TNI, Bawaslu dan komponen lainnya. Percayakan pada TNI-Polri, bahwa Pemilu nanti pasti aman dan terselenggara dengan baik.” lanjut Prasetya.

Dalam Coffee Morning ini juga banyak membahas hal-hal tentang potensi-potensi kerawanan Pemilu 2019, adanya penyebaran berita hoax tentang Pemilu, pengamanan Personil di TPS jelang Hari H Pencoblosan, distribusi surat suara, ketersediaan pasokan listrik dari PLN serta backup Pengamanan dari TNI dan imbauan Kamtibmas .

“Personil yang akan dilibatkan sesuai Undang-Undang. Maka akan kita turunkan 2/3 dari kekuatan. Personil akan disebar ke 310 TPS, setiap TPS beragam ada yang 2 personil dan 1 Personil yang bertugas di TPS. oleh Pihak Kepolisian,” pungkas Prasetya.

Pada kesempatan ini pula, sejumlah unsur saling memberikan masukkan dan menyampaikan hasil monitoring di lapangan sesuai dengan tupoksi masing-masing bidang. Salah satunya adalah mengantisipasi penyebaran berita-berita hoax, serta potensi-potensi kerawanan Pemilu, serta mendorong pihak Bawaslu untuk menindak tegas peserta Pemilu yang melakukan pelanggaran.

“Dari Bawaslu, kami akan mengadakan patroli pengamanan ke TPS-TPS dan melakukan tindakan-tindakan lainnya, kami telah menghimbau kepada peserta Pemilu untuk menjaga keamanan dan kesuksesan pada saat hari H pencoblosan nanti,” ucap Ketua Bawaslu Talaud, Jekman Wauda yang juga hadir dalam kegiatan tersebut.

Lebih dari itu, pihak penyelenggara meminta kepada PLN agar dapat memberikan dan mendukung Pemilu 2019 dengan pasokan listrik yang cukup.

“Kami berharap, pada pelaksanaan Pemilu nanti pasokan listrik bisa memadai khususnya untuk wilayah-wilayah Kepulauan,” ucap Ketua KPU Talaud, Aripatria Pandesingka

Tambah Ketua KPU karena pasokan listrik juga akan berpengaruh pada pelaksanaan Pemilu nanti. Mulai dari tahap pencoblosan sampai tahap perhitungan suara.

“Karena dari pihak KPU, akan melaksanakan perhitungan cepat (quick qount). Apabila terjadi pemadaman listrik, hal ini akan berpengaruh pada server dan jaringan yang ada,” tambah Pandesingka

Acara ini turut dihadiri Kajari Kepulauan Talaud Sutikno, Dandim 1312/Talaud Letkol (Arm) Gregorius Eka Setiawan, Danlanal Melonguane Letkol (Mar) Augustinus Purba, Ketua Bawaslu Talaud Jekman Wauda, Ketua KPUD Talaud Aripatria Pandesingka, Plt Kaban Kesbangpol Alfrets Wasida, dan Manager PT. PLN (Persero) Rayon Melonguane Ferry Kalisang.

Editor : YES

Komentar
Loading...