Menjadi Referensi Mendunia

1.551 Personil PAM TPS Polda Sulteng Dilepas Kapolda Sulteng

IBC, PALU – Sebanyak 1.551 Personil Pasukan BKO Polda Sulteng pengamanan Tempat Pemungutan Suara( TPS) diberangkatkan kewilayah hukum Polda Sulawesi Tengah yang dilepas langsung oleh Kapolda Sulteng Brigjen Pol. Lukman Wahyu Hariyanto bertempat di Lapangan Apel Polda Sulteng Jalan Soekarno Hatta Palu Sulawesi Tengah.
Pemberangkatan mulai Hari Sabtu (13/4/2019) dan Hari Minggu (14/4/2019).

Hari ini (Sab’tu – red) Personil Pasukan BKO Polda Sulteng Mulai diberangkatkan ke Polres Buol, Polres Tolitoli, Polres Banggai Kepulauan, Polres Banggai dan Polres Palu. Sementara untuk pemberangkatan petugas pam TPS untuk wilayah Polres Sigi, Polres Donggala, Polres Parigi Moutong, Polres Poso, Polres Touna dan Polres Morowali diberangkatkan pada hari Minggu tanggal 14 April 2019.

Kapolda Sulteng Brigjen Pol.Lukman Wahyu Hariyanto kepada Personil Pasukan BKO Polda Sulteng memberikan penekanan yang harus dipedomani dan dilaksanakan oleh seluruh personil yang terlibat pengamanan TPS,

“Bahwa Operasi Mantap Brata Tinombala-2018 merupakan pelaksanaan dalam rangka pengamanan Pemilu serentak tahun 2019, karena terdapat berbagai potensi kerawanan, yang memerlukan perhatian serius untuk diantisipasi sejak dini, yaitu pelanggaran tindak pidana pemilu, tindak pidana umum, sabotase, aksi teror dan lainnya.ada beberapa hal yang perlu di tekankan mulai dari Persiapan pemungutan Suara yakni.” tekannya.

Kesiapan personil tim Asistensi, Perwira pengendali dan anggota pam TPS sudah membawa bekal perorangan masing-masing.

Seluruh personil yang terlibat dalam pengamanan TPS pada H-2 sudah tiba di Polres jajaran, lapor kepada Kapolres untuk koordinasi dan menerima arahan.

Tim Asistensi memantau tugas Kapolres dalam aspek manajerial khususnya pengawasan pengendalian kekuatan pam TPS, kekuatan cadangan dan dinamika operasional.

Anggota pam TPS pada hari H-1 sudah berada di Mapolsek untuk menerima arahan dan petunjuk Kapolsek sesuai ploting pam TPS, dengan tugas tanggung jawab
1). Mengenal Camat, kades/lurah setempat serta pejabat KPPS dan anggota KPPS, saksi-saksi.
2). Mengetahui TPS yang diamankan serta desa, RT/RW yang akan didatangi oleh masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya di TPS.
3) melakukan pengecekan kesiapan TPS, keamanan TPS, kebersihan TPS, kotak suara serta petugas pengangkut kotak suara dan sarananya.
4). Mengenali sekitar lingkungan TPS atas kerawanan yang akan terjadi dan wajib bersilaturahmi dengan warga sekitar TPS.

Lanjut Kapolda Sulteng, petugas Pam TPS datang 30 menit sebelum pemungutan suara dimulai,

“Koordinasi dengan KPPS dan anggota PPS, serta saksi-saksi, anggota linmas dan petugas lainnya untuk menyiapkan TPS sebagai tempat melaksanakan pemungutan suara. Petugas Polri berada diluar TPS, dan bila ada kejadian dalam TPS adalah tanggung jawab petugas TPS yg ada dalam TPS, kecuali atas seijin KPPS Polri dibolehkan untuk mengatasinya.” lanjut Lukman.

Dirinya  mengatakan petugas Polri wajib mengamankan sekitar TPS dari gangguan ancaman dari luar TPS sampai dengan selesainya pemungutan dan perhitungan suara.

“Bila ada kejadian menonjol dan atau tidak dapat teratasi oleh petugas TPS dan Pam TPS, agar melaporkan kepada Padal sekitar TPS dan diteruskan kepada Kapolsek setempat dan berjenjang.” kata Lukman Wahyu, Sabtu (13/4/2019).

Saat perhitungan suara di TPS,  Kapolda menekankan bahwa Anggota pam TPS agar memperhatikan dan mengamankan proses perhitungan suara di TPS.

“Anggota pam TPS wajib mengawal kotak suara dengan petugas pengangkut kotak suara dari TPS ke PPK. Setibanya di PPK kotak suara diserah terimakan kepada petugas pam di PPK dengan membuat Berita Acara yang telah ditentukan, sebagai bukti serah terima tugas dan tanggung jawab serta pembuatan laporan” jelas Kapolda Sulteng

Sebelum diberangkatkan personil Pasukan BKO Polda Sulteng dilakukan pengecekan persiapan yang di bawa saat bertugas PAM TPS. Kapolda Sulteng langsung melakukan pengecekan yang didampingi sejumlah perwira, sementara Pejabat utama Polda Sulteng yang bertugas sebagai Perwira pengamat Wilayah (Pamatwil) juga melakukan pengecekan anggota yg sudah terbagi sesuai wilayah penugasan.

Hadir dalam pelaksanaan Apel pelepasan pasukan BKO Polda Sulteng ke Polres jajaran adalah Wakapolda Sulteng Kombes Pol. Drs. Setyo Boedi Moempoeni Harso, SH, M.hum, Irwasda Polda Sulteng Kombes Pol. Drs. Arief Syarief Hidayat, M.si, Pejabat Utama Polda Sulteng, Para Pamen dan Pasukan BKO Pam TPS Polda Sulteng berjumlah 1.551 personil yang diambil dari seluruh Satker yang ada di Polda Sulteng.

Editor : YES

Komentar
Loading...