IBC, TALAUD – Memasuki H-4 Pemilihan Umum Tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud (KPUD Talaud) terus menyasar para pemilih pemula yang nantinya turut menentukan nasib bangsa Indonesia 5 Tahun mendatang.

Kali ini, KPUD Talaud kembali memberikan sosialisasi terkait pemilih pemula yang ada di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Melonguane, pada Jumat (12/4/2019) lusa kemarin.

Komisioner KPUD Talaud melalui Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Parmas, Andri L. J. Sumolang, menganggap pentingnya sosialisasi ini, agar para pemilih pemula dapat menggunakan hak pilihnya pada Pemilu tanggal 17 April nanti.

“Penting bagi kami untuk memberikan penyuluhan ini untuk memberikan pemahaman kepada pemilih pemula agar menjadi pemilih yang cerdas, sehingga tidak usah berlama lama di TPS yang mana kalian sebelum berangkat ke TPS sudah mengetahui siapa yang akan dipilih dan apa yang harus di lakukan di TPS,” ujar Sumolang kepada ratusan pelajar.

Sumolang menjelaskan, untuk Pemilu Tahun 2019 ini, Indonesia akan melaksanakan Pemilu serentak dengan mencoblos 5 surat suara. Yakni, Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPRD RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/ Kota.

“Suksesnya KPU bukan hanya suksesnya KPU tapi suksesnya kita bersama. Mari gunakan hak pilih kita, datang ke TPS gunakan hak pilih anda dengan baik dan jangan merusak surat suara jangan buat kerusuhan, dan jangan terus percaya berita hoax,” harap dia.

Sementara itu ditempat yang sama, Kapolres Kepulauan Talaud AKBP Prasetya Sejati melalui Kabag Ops Polres Kepulauan Talaud, Kompol Dikson Malensang, memastikan kembali keamanan dalam pesta demokrasi tahun 2019 ini. Dan berharap mendapatkan dukungan dan peran serta dari berbagai pihak.

“Polri bertanggung jawab terhadap keamanan dalam negeri, akan tetapi tidak akan berjalan maksimal tanpa adanya peran serta masyarakat untuk ikut menjaga keamanan di lingkungannya masing masing. Polri dan TNI juga mendapatkan tanggung jawab untuk membantu KPU dalam pelaksanaannya,” tutur Malensang

Begitu juga dengan Danlanal Melonguane yang mewakili Pelaksa Lanal Melonguane, Mayor Laut (KH) Ramadhan berpesan kepada seluruh pelajar agar dapat belajar dengan baik dan turut mensukseskan Pemilu nanti.

“Kalian adalah generasi penerus bangsa, tugas kalian adalah belajar dengan baik. Tugas TNI yang mana telah diamanatkan undang-undang adalah menjaga keamanan dan ketertiban, menjaga keutuhan bangsa, melindungi segenap bangsa Indonesia dari ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan (AGHT),” tutur Mayor Ramadhan.

Palaksa menghimbau, agar para pelajar ini dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik dan tidak ada yang golput alias tidak memilih.

“Pada pemilu serentak ini, gunakanlah hak pilih kalian untuk datang ke TPS dan coblos surat suara yang diberikan, jangan golput karena golput mencerminkan ketidakdewasaan,” harapnya.

Kegiatan sosialisasi ini, dihadiri Kepala SMA Negeri 1 Melonguane, Adrianson Manariangkuba, Kaban Kesbangpol Alfrets Wasida, Dandim 1312/Talaud yang diwakili Pasiter Kodim 1312/Talaud Kapten Arm Kennedy Ende Putra, Kajari Kepulauan Talaud yang diwakili Jaksa Fungsional Godang Kris Apo Paulus, para Guru-guru serta dihadiri oleh kurang lebih ratusan pelajar.

Penulis : Melky T

Editor YES