Menjadi Referensi Mendunia

Di Bawah Pengawalan Ketat Polisi, KPUD Talaud Lakukan Ini di Wilayah Terluar

IBC, TALAUD – Mendekati hari pemungutan suara pada Pemilu 2019 di Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara. Komisi Pemilihan Umum terus berupaya mendistribusikan Logistik Pemilu ke beberapa wilayah terluar yang sulit dijangkau karena mengingat kondisi cuaca dan ketersediaan sarana transportasi yang digunakan saat proses pendistribusian.

Agar pendistribusian Logistik Pemilu ini berjalan lancar dan tidak terkendala, KPUD Talaud memprioritaskan ke wilayah-wilayah terluar, yakni ke Kecamatan Nanusa dan Kecamatan khusus Miangas (berada di ujung utara NKRI, yang berbatasan langsung dengan Negara tetangga Filipina, red).

“Jadi, yang kita distribusikan hari ini untuk Kecamatan khusus Miangas ada 6 bilik kotak suara, 23 kotak suara berjumlah 540 surat suara dari masing-masing jenis surat suara untuk 2 TPS, dengan jumlah DPT 529. Dan untuk Kecamatan Nanusa ada 36 bilik kotak suara, 73 kotak suara berjumlah 2.636 surat suara untuk 12 TPS, dengan jumlah DPT 2.584,” ujar Ketua KPUD Talaud, Aripatria Pandesingka, Sabtu (13/4/2019) kemarin.

Foto : MT/IBc

Sementara itu, Kapolres Kepulauan Talaud, AKBP Prasetya Sejati yang diwakili Kabag Ops Polres Kepulauan Talaud, Kompol Dikson Malensang yang juga hadir dalam proses pendistribusian Logistik tersebut, kembali memastikan kelengkapan anggota yang berfungsi sebagaimana mestinya.

“Sesuai surat permohonan KPU Talaud, Polres Talaud mengawal pergeseran Logistik Pemilu, dari gudang KPU ke wilayah Perbatasan Miangas dan Nanusa, dan pergeseran berlangsung lancar tanpa ada kendala yang berarti,” tutur Malensang

Diketahui, proses pengawalan dan pendistribusian Logistik Pemilu di dua kecamatan tersebut, melibatkan 10 orang personil Polair Polres Kepulauan Talaud, 3 orang perwakilan dari KPUD Talaud dan 1 orang staf dari Bawaslu Kabupaten Kepulauan Talaud.

Dari data yang berhasil dirangkum Indonesia Berita, jumlah surat suara yang didistribusikan ke-2 Kecamatan tersebut, berjumlah 3.176 surat suara, dan surat suara sesuai dengan DPT di tambah 2% untuk DPK dan DPTb.

Pendistribusian logistik Pemilu ini, turut dihadiri Ketua KPUD Talaud Aripatria Pandesingka, Komisioner KPU Divisi SDM dan Parmas Andri Sumolang, Kabag Ops Polres Kepulauan Talaud Kompol Dikson Malensang, beserta Staf Bawaslu Kabupaten Kepulauan Talaud, Steven Lalegit.

Penulis : Melky T

Editor : YES

Komentar
Loading...