Menjadi Referensi Mendunia

Laporan Masyarakat, Bawaslu Pematangsiantar Lakukan Pengawasan Caleg Demokrat

IBC, PEMATANGSIANTAR – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pematangsiantar secara berjenjang melakukan pengawasan di masa hari tenang sesuai instruksi Bawaslu RI Nomor: S-0856/K.BAWASLU/PM.00.00/4/2019 mulai Tanggal 14-16 April 2019 seluruh wilayah Pematangsiantar, melakukan himbauan kepada peserta pemilu untuk tidak melakukan hal-hal yang dilarang pada masa tenang sebagaimana diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Bukan hanya itu saja kami melakukan himbauan kepada media cetak dan media elektronik diwilayah, selanjutnya kepada penyelenggara reklame iklan atau agen periklanan di Kota Siantar, kemudian kami akan melakukan penertiban Alat peraga Kampanye dan Bahan kampanye secara berjenjang dan melakukan penindakan terhadap pelanggaran yang terjadi sebagaimana diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan,” ujarnya.

Sambung dia, dan kepada seluruh partai politik hendaknya tidak melakukan kegiatan metode kampanye, menghindari dari segala bentuk money politik, berita hoax dan ujaran kebencian.

“Semisal adanya pengukuhan para saksi yang diduga melakukan transaksional money politics (vote buying). Pada hari Minggu Tanggal 14 April 2019 bertempat di Posko Pemenangan Calon Legislatif yakni Hinca Panjaitan Caleg Nomor Urut 1 dari Partai Demokrat untuk DPR RI dari Dapil Sumut 3 melakukan kegiatan pertemuan antara masyarakat dengan team suksesnya,” kata M. Syahfii Siregar dalam keterangan tertulisnya yang diterima redaksi, Minggu malam (14/42019).

Ia juga mengatakan, Sementara sesuai aturan yang disampaikan oleh Bawaslu Kota Pematangsiantar tidak dibenarkan melakukan kegiatan metode kampanye untuk menghindarkan dari segala bentuk money politik, berita hoax dan ujaran kebencian.

“Maka Bawaslu Kota Pematangsiantar langsung ke lokasi TKP yakni di daerah Sambo Kecamatan Siantar Timur dan melakukan pemantauan serta meminta team sukses menstop aktivitas tersebut,” ungkap Bawaslu Kota Pematangsiantar Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga ini.

Team sukses Caleg Hinca Panjaitan coba berdalih pertemuan tersebut adalah pertemuan bimbingan teknis bagi saksi-saksi dan kader Partai tetapi Bawaslu Kota Pematangsiantar tetap dengan tegas meminta kegiatan tersebut dihentikan dan jika dilanjutkan karena adalah pertemuan kader Partai tetap dipantau hingga selesai.

Ia juga membenarkan keterangan tertulisnya setelah dimintai konfirmasi pihak redaksi Indonesia Berita, “Benar, tetapi kami melakukan pencegahan, dan melakukan pengawasan melekat di posko, agar tidak terjadi hal-hal yang di larang dalam ketentuan peraturan perundang-undangan,” terang Syahfii.

Redaksi : Dalam pengawasan bapak apakah ada dugaan Caleg tersebut melanggar peraturan?

Syhafii : “Tidak, hanya laporan masyarakat, makanya kami melakukan cek lokasi,” tutupnya melalui pesan singkat whatsapp, Minggu malam (14/4/2019).

Editor : DR

Komentar
Loading...