Menjadi Referensi Mendunia

PMKRI Ajak Generasi Milenial Aktif Dalam Pemilu 2019

IBC, JAKARTA – Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang jember mengajak seluruh generaai milenial Indonesia untuk aktif terlibat dalam pemilu 2019 denfan tidak untuk bersikap Golput.

Sebagai organisasi yang anggotanya masuk dalam kategori usia milenial memandang perlu untuk melakukan sosialisasi kepada generasi muda untuk terlibat dalam proses demokratisasi yang sedang berlangsung ini.

Kesadaran akan hal itu pada gilirannya akan menghasilkan generasi milenial yang menjadi agen perubahan dalam proses pematangan demokrasi kita menuju bangsa bersatu, adil, dan Makmur.

Ajakan ini dikemas dalam bentuk seminar nasional yang diselenggarakan di Aula Maria Fatima, Jalan Kartini No. 24, Jember, Sabtu 13 April 2019. Seminar ini dihadiri oleh 300 mahasiswa dari berbagai organisasi dan mahasiswa Kota Jember.

Seminar Nasional dengan tema “Peran Kaum Milenial Dalam Menyukseskan Pemilihan Umum Yang Jujur dan Damai” ini menghadirkan, Dwi Endah Prasetyowati (Bawaslu Jember), Ram Dagher Sarame (Pengurus Pusat PMKRI), Antonius Edi Widiantoro (Konsultan hukum), Nikolas Setio Aji (Ketua DPC PMKRI Jember), dan Tectona Bambang perdana (KS GMNI Jember).

Dwi Endah Prasetyowati menerangkan bahwa pentingnya kerjasama antara penyelenggara pemilu dengan peserta dan masyarakat pada umumnya guna menyukseskan pemilu 2019.

“jika ditemukan pelanggaran dalam proses pemilu untuk segeta dilpprkan kepada Badan pengawas Pemilu (Bawaslu),” ujarnya.

Sementara itu, Ram Daghet Sarame menekankan bahwa pemilih milenial memiliki peranan penting dalam pemilu 2019, mengingat jumlahnya hampir 40%. Dengan ikut memilih milenial menunjukan kontribusi dalam demokrasi Indonesia dan sangatlah tidak bagus jika mengambil posisi Golput.

“Generasi Milenial merupakan masa depan bangsa Indonesia, jumlah pemilih milenial mencapai hampir 40%, sangat disayangkan kalo banyak milenials yang golput.” terangnya.

Hal senada ditegaskan Edi Wydiantoro, bahwa generasi milenial harus jernih melihat situasi politik menjelang pilpres 2019, waspada dengan berbagai upaya kampanye yang mengancam keutuhan bangsa. kritis terhadap ideologi-ideologi yang dipakai sebagai alat politik dalam pemilu.

Sebagai penutup, Nikolas Setio Aji menyerukan agar milenial kota jember untuk tidak bersikap Golput, “Kita harus aktif dengan ikut memilih dan tidak mengambil posisi Golput,” pu gungkas Ketua DPC PMKRI Jember.

Editor : JRA

Komentar
Loading...