IBC, JAKARTA – Berbagai produsen smartphone ternama di dunia sedang berlomba-lomba mengembangkan smartphone layar lipat. Seperti dilansir dari channel youtube GadgetIn serta jawapos.com , produsen smartphone asal China, Huawei dan Oppo, telah merilis smartphone layar lipat.

Setelah melihat tampilan smartphone layar lipat buatan Huawei dan Oppo, bentuk smartphone tersebut merupakan perpaduan antara smartphone dengan tablet.

Sayangnya, smartphone layar lipat sangat minim dengan inovasi teknologi. Layaknya E-KTP, transformasi hanya pada bentuknya saja. Jika E-KTP mengalami transformasi bentuk dari kertas menjadi plastik, smartphone layar lipat bertransformasi dari smartphone layar sentuh menjadi smartphone layar yang dapat dilipat.

Perlu diketahui, baik fitur, teknologi maupun komponen, yang disematkan dalam smartphone dari berbagai pabrikan ternama di dunia hampir tak ada perbedaan.

Di tengah maraknya pengembangan smartphone layar lipat dari berbagai produsen ternama, vendor smartphone asal Korea Selatan, LG, telah mengembangkan sebuah smartphone yang mengingatkan kita dengan teknologi dalam film Iron Man, seperti teknologi virtual dan hologram.

Teknologi hampir menyerupai juga pernah disematkan pada smartphone, seperti SIRI di Iphone, Google Now di Android dan Cortana di Microsoft Windows.

Selain itu, CEO Facebook, Mark Zuckerberg, juga terinspirasi dengan teknologi dalam film yang diperankan oleh Robert Downey, Jr itu . Mark Zuckerberg membuat asisten rumah tangga yang menyerupai kemampuan Jarvis dalam film Iron Man seperti dilansir IDN TIMES.

Menggunakan teknologi bernama Air Motion, LG G8 ThinQ telah dikenalkan dalam acara 8th World Melioidosis Congress (WMC) 2019 di Barcelona, Spanyol (21/2/2019) seperti dilansir dalam website resmi LG.

Air Motion merupakan teknologi yang menggunakan sensor tangan tanpa menyentuh layar untuk mengoperasikan aplikasi, seperti youtube, mengatur volume suara, screen capture serta melakukan atau menjawab panggilan telepon.

Walaupun tidak dapat mengerjakan perintah seperti yang ada dalam film Iron Man, namun teknologi yang disematkan dalam smartphone terbaru LG, kembali mengingatkan kita bahwa teknologi dalam film Iron Man semakin dekat dengan kehidupan nyata.

Dibanderol dengan harga 1 Juta Won atau setara dengan 885 USD, smartphone berdimensi 6,1 inchi ini siap diproduksi secara massal. Sayangnya, smartphone canggih ini tidak diluncurkan di Indonesia sesuai dengan pernyataan LG Indonesia kepada Indonesia Berita.

Editor : DR