IBC, TALAUD – Dalam dunia politik Indonesia, serangan fajar adalah istilah yang digunakan untuk menyebut bentuk politik uang (money politic) dalam rangka membeli suara yang dilakukan oleh satu atau beberapa orang untuk memenangkan calon yang bakal menduduki posisi sebagai pemimpin politik.

Di Kabupaten Kepulauan Talaud, hal seperti ini sudah bukan rahasia publik lagi. Ada beberapa kasus yang pernah ditangani Bawaslu Kabupaten Kepulauan Talaud terkait kasus politik uang tersebut.

Untuk meminimalisir kecurangan-kecurangan yang mungkin terjadi pada Pemilu 2019, Komisioner Bawaslu Kabupaten Kepulauan Talaud Bidang Hukum dan Pengawasan, Tevi C. Wawointana menegaskan, apabila ada oknum-oknum yang melakukan money politics akan ditindak tegas sesuai regulasi yang ada.

“Kalau tindakan-tindakan tersebut melakukan money politics, ya akan kami tindak tegas sesuai aturan-aturan atau regulasi yang sesuai dengan pasal-pasal hukum pidana yang ada di Undang-Undang No. 7 Tahun 2017,” tegas Wawointana saat ditemui Indonesia Berita, di ruang kerjanya, Senin (15/4/2019) kemarin.