IBC, JAKARTA – Hasil penghitungan suara Pemilu 2019 di Canberra, Australia, 17 April 2019, yang dimulai pukul 16.00 waktu setempat di TPSLN 1 dan 2 Canberra. Acara itu berlangsung di Balai Kartini KBRI Canberra diawali dengan doa bersama, diikuti oleh sambutan pembukaan oleh Ketua PPLN Canberra, Iwu Setyani Utomo, serta serah terima kotak suara dari Ketua PPLN Canberra kepada masing-masing Ketua KPPSLN 1 dan Ketua KPPSLN 2.

“Sekitar 150 orang masyarakat Indonesia di Canberra secara tertib dan antusias menyaksikan proses penghitungan suara,” ujar dia melalui keterangan tertulis resminya yang diterima redaksi di Jakarta, Kamis (18/4/2019).

Penghitungan suara tersebut dihadiri juga oleh Duta Besar Republik Indonesia dan DCM/Wakeppri beserta segenap jajaran KBRI turut hadir bersama masyarakat menyaksikan perhitungan suara tersebut.

Lanjut keterangannya, penghitungan suara pada TPS 1 dihadiri saksi dari Partai Nasdem dan PKS. Sedangkan TPS 2 hanya dihadiri saksi Partai Nasdem.

Hasil penghitungan suara kata dia melalui Press Releasenya, TPS 1 total suara 368, dengan perolehan suara untuk pasangan Capres dan Cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin sebanyak 280 suara dan paslon Prabowo-Sandi memperoleh sebanyak 82 suara. Sementara suara yang tidak sah ada 6.

Sementara itu di TPS 2 total suara sebanyak 380. Perolehan suara untuk paslon 01, 291 suara, sedangkan pasangan Prabowo-Sandi mendapatkan 87 suara dan suara tidak sah 2.

Begitu juga melalui Pos, Jokowi-Ma’ruf masih unggul dengan perolehan suara 11, sementara Prabowo-Sandi mendapatkan 4 suara. Suara tidak sah nol (0).

Total keseluruhan perolehan suara pasangan Capres-Cawapres no urut 01 sebanyak 582 suara. Pasangan Capres dan Cawapres no urut 02 sebanyak 173 suara. Total suara tidak sah 8.

Editor : DR